Senin, 05 Maret 2012

Tomat Kering Dikaitkan dengan Wabah Hepatitis A

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Pakar kesehatan Inggris percaya bahwa, tomat kering dapat menjadi penyebab wabah baru hepatitis A. Health Protection Agency and the Food Standards Agency takut sampel terkontaminasi yang harus disalahkan atas infeksi yang terjadi pada 4 orang dirawat di rumah sakit dan menyebabkan sakit pada 3 orang pada akhir tahun 2011.

Virus Hepatitis dibawa oleh tinja manusia dan dapat ditularkan melalui kontak dengan makanan atau air. Kasus yang parah dapat menyebabkan gagal hati. Sejumlah 7 dari semua orang yang terinfeksi kemudian telah menjalani pemulihan.

Salah satu strain hepatitis A diidentifikasi dalam 2 dari semua pasien adalah identik dengan strain yang menyebabkan wabah serupa yang terkait dengan tomat kering di Belanda pada tahun 2010. Laporan tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Belanda.

Empat dari pasien dalam wabah terbaru di Inggris mengatakan bahwa telah mengkonsumsi tomat kering. Sehingga pemerintah waspada terhadap perkembangan kasus lebih lanjut. Tetapi belum diketahui dengan jelas apakah semua tomat kering dapat menyebabkan Hepatitis A.

"Hal ini karena tidak ada tes yang dapat diandalkan untuk menemukan virus dalam makanan. Tomat yang dikeringkan dengan dijemur dibawah sinar matahari sedang diselidiki sebagai salah satu kemungkinan sumber hepatitis A kasus yang dilaporkan tahun lalu," kata seorang juru bicara Food Standards Agency seperti dilansir dari BBCNewsHealth, Selasa (6/3/2012).

"Namun, tidak ada sumber makanan yang telah yakin diidentifikasi sejauh ini dan tidak ada kasus lain yang relevan telah dilaporkan di Inggris sejak November 2011. Penyelidikan yang dilakukan oleh FSA dan HPA sedang berlangsung," kata para peneliti.

Hepatitis A adalah kondisi yang harus segera dilaporkan. Hal tersebut berarti bahwa ketika kondisi medis tersebut didiagnosa, dokter yang membuat diagnosa harus segera melaporkan pada pemerintah lokal.

Hepatitis A merupakan salah satu tipe hepatitis paling umum dan biasanya ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Dalam kebanyakan kasus infeksi berjalan relatif singkat dan pasien dapat sembuh dalam beberapa bulan. Selain itu, juga telah tersedia vaksin Hepatitis A.


(del/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar