Kamis, 29 Maret 2012

Yang Perlu Diperhatikan Jika Memberi Obat untuk Lansia

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Jakarta, Orang lanjut usia (Lansia) memerlukan perhatian lebih karena kondisi fisiknya sudah jauh berbeda dengan orang muda. Selain itu beberapa penyakit kronis juga lebih rentan menyerang saat usia tua

Maka itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memberikan obat kepada lansia.

Menurut Prof DR dr Rianto Setiabudy, guru besar farmakologi Fakultas Kedokteran UI ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberikan obat ke lansia yaitu:
1. Hati-hati terhadap obat dosis tinggi karena fungsi ginjal sudah menurun
2. Interaksi obat mudah terjadi karena obat yang diminum biasanya banyak jenisnya
3. Perlu diingatkan untuk rutin minum obat karena sering lupa
4. Dosis yang diberikan harus hati-hati sebab kepekaan terhadap obat meningkat, sehingga lebih sensitif
5. Efek obat yang ditimbulkan lebih hebat dan bertahan lama
6. Obat yang diberikan sebaiknya yang paling aman, sebab efek samping pada lansia lebih mudah timbul

Dr Rianto juga mewanti-wanti bahwa penggunaan obat yang baik itu adalah apabila indikasi, dosis, cara pemberian dan lama pemberiannya tepat, dan yang paling penting biayanya terjangkau. Obat juga sebaiknya hanya diminum untuk keadaan tertentu.

Diakuinya, saat ini akses untuk memperoleh obat semakin mudah, terutama di perkotaan. Terbukti dari makin menjamurnya apotek-apotek yang ada di hampir setiap jalan besar, dari yang swasta hingga pemerintah, baik yang buka pada jam kerja maupun yang melayani non stop 24 jam.

Perkembangan ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, sebab mempermudah akses untuk mengobati penyakit. Namun perkembangan ini perlu didukung dengan pemahaman yang baik mengenai pemberian obat di masyarakat.

"Di masyarakat, masih beredar beberapa mitos yang salah mengenai penggunaan obat. Contohnya, kalau suatu obat terbukti manjur untuk orang lain maka obat itu juga akan manjur untuk diri sendiri. Pemahaman ini salah karena setiap orang tentu memiliki kondisi yang berbeda dengan orang lain, terutama untuk lansia dan anak-anak," kata DR Rianto dalam acara forum diskusi yang diadakan GlaxoSmithKline Circle of Friend di Blooming Restaurant, FX Senayan, Jakarta, Kamis (29/3/2012).

(pah/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar