Kamis, 29 Maret 2012

Pasien Operasi Lebih Rileks Jika Dengar Musik Klasik

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Oxford, Inggris, Menjalani operasi bisa menimbulkan stres tersendiri bagi pasien. Kini diketahui mendengarkan musik klasik bisa membantu pasien merasa lebih santai ketika ia operasi dengan bius lokal.

Sebuah penelitian menemukan memainkan musik klasik bisa menjadi bagian rutin dari setiap operasi, karena ia bermanfaat bagi pasien dengan membuatnya lebih santai dan nyaman sehingga pasien lebih cepat pulih dari operasinya.

Musik Mozart bukanlah satu-satunya komposer yang dilibatkan dalam studi ini, tapi peneliti juga menggunakan musik menenangkan lainnya seperti Beethoven, Vivaldi, Bach serta Frank Sinatra yang easy listening selama operasi.

"Menjalani operasi bisa jadi pengalaman yang menegangkan bagi pasien, dan menemukan cara untuk membuatnya lebih nyaman harus jadi tujuan kita sebagai dokter," ujar Hazim Sadideen, dokter bedah plastik dari John Radcliffe Hospital di Oxford, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (29/3/2012).

Selain itu Sadideen menuturkan ada pula alasan medis bahwa menggunakan musik bisa membuat pasien lebih tenang sehingga ada kemungkinan ia bisa mengatasi rasa sakitnya dengan lebih baik dan pulih lebih cepat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of the Royal College of Surgeons ini melibatkan 96 pasien yang menjalani operasi kecil dan secara acak ada yang diberi musik dan ada yang tidak. Semua pasien terjaga selama operasi dan hanya diberikan bius lokal.

Didapatkan sekitar setengah dari jumlah partisipan melaporkan tingkat kecemasan yang lebih rendah serta tingkat pernapasan yang lebih stabil dibanding pasien lain. Namun peneliti tidak mengevaluasi musik mana yang memberikan efek lebih besar.

"Namun studi ini masih skala kecil karenanya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur efek musik pada pasien operasi sehingga bisa menentukan apakah hal ini bisa jadi bagian dalam standar praktek atau tidak," ujar Sadideen.


(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar