Jumat, 09 Maret 2012

Sarapan Sambil Memainkan Ponsel Bikin Cepat Gemuk

Browser anda tidak mendukung iFrame



Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Bagi yang tidak pernah bisa lepas dari telepon seluler atau ponsel, benda ini pasti selalu dibawa ke mana saja termasuk saat sedang sarapan. Padahal menurut penelitian, makan sambil memainkan ponsel lebih berisiko memicu kegemukan.

Sebuah survei di Amerika Serikat menunjukkan, 30 persen pengguna ponsel sibuk melakukan update status di Facebook atau Twitter saat sedang makan. Karena ponsel sudah menjadi tren global, diperkirakan kecenderungan ini juga terjadi di tempat lain.

Pada kelompok usia tertentu, perilaku memainkan ponsel kapan saja termasuk saat sedang makan bahkan lebih tinggi lagi. Misalnya pada kaum Milenial atau orang-orang yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000, persentasenya lebih tinggi 50 persen.

Kecenderungan ini sebenarnya bisa dipahami karena pada dasarnya manusia kadang-kadang menganggap makan sebagai aktivitas sosial. Banyak orang bisa menjalin komunikasi yang baik, justru ketika sedang duduk satu meja dan mengadakan jamuan makan bersama.

Di zaman moderen seperti sekarang, jamuan makan bersama yang melibatkan tatap muda secara langsung di atas satu meja bisa digantikan dengan adanya ponsel. Melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, orang-orang bisa terhubung kapan saja meski sedang sarapan di rumah masing-masing.

Sayangnya ngobrol lewat jejaring sosial yang dilakukan dengan memakai ponsel tidak bisa disamakan dengan ngobrol langsung. Gary Small, PhD dari University of California mengatakan ponsel bisa mengalihkan perhatian saat makan sehingga porsinya tidak terkontrol.

"Saat memainkan ponsel, pikiran kita akan fokus pada ponsel dan bukan pada makanan yang sedang disantap. Dampaknya adalah perut tetap kenyang, tapi rasanya akan aneh seperti tidak terpuaskan," kata Dr Small seperti dikutip dari Menshealth.com, Jumat (9/3/2012).


(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar