Minggu, 04 Maret 2012

7 Rumah Sakit Disiapkan untuk Akreditasi Internasional

Browser anda tidak mendukung iFrame



(dok. RSCM)
Jakarta, Untuk memberikan pelayanan prima dan meningkatkan mutu dalam menghadapi persaingan global, pelayanan kesehatan di Indonesia diharuskan memenuhi persyaratan standar internasional. Sebanyak 7 rumah sakit pun disiapkan untuk dapat akreditasi internasional.

Sebelumnya, beberapa rumah sakit di Indonesia memang telah memenuhi standar akreditasi nasional. Pencapaian ini akan ditingkatkan lagi dengan mempersiapkan beberapa rumah sakit sehingga memperoleh akreditasi nasional dari Joint Comission International (JCI).

"Untuk menjawab tantangan era globalisasi dan pasar bebas, kita dituntut meningkatkan standar mutu dalam berbagai pelayanan kesehatan. Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga mengurangi keinginan berobat ke luar negeri," kata dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Direktur Jemdral Bina Upaya Kesehatan dalam acara Workshop Akreditasi Rumah Sakit Kementrian Kesehatan RI dengan Standar Internasional di gedung Bidakara, Jakarta, Senin (5/3/2012).

7 rumah sakit yang disiapkan untuk dapat akreditasi internasional dari JIC itu ada di 5 kota yaitu:
1. RS Cipto Mangkunkusumo (RSCM Jakarta)
2. RS Sanglah (Denpasar Bali)
3. RS Sardjito (Yogyakarta)
4. RS Fatmawati (Jakarta)
5. RS Adam Malik (Sumatra Utara)
6. RS Wahidin Sudiro Husodo (Sulawesi Selatan)
7. RSPAD Gatot Subroto (Jakarta).

Targetnya, ketujuh rumah sakit pemerintah tersebut akan mendapat akreditasi internasional dari JCI pada tahun 2013. Saat ini pemerintah juga sedang mengupayakan bantuan untuk enam rumah sakit lainnya agar siap mendapat akreditasi yang sama.


(pah/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar