Kamis, 08 Maret 2012

Sindrom Paling Lebay, Tak Bisa Santai Melihat Kancing Baju

Browser anda tidak mendukung iFrame



Louisa Francis (Dailymail)
Newcastle, Phobia atau ketakutan berlebih terhadap sesuatu bisa bikin orang merasa gelisah dan bertingkah macam-macam. Namun ketika sesuatu itu hanyalah kancing baju, maka phobia yang dialami seorang perempuan Inggris ini bisa dibilang lebay.

Sindrom fobia aneh ini dialami oleh Louisa Francis (30 tahun), ibu satu anak asal Newcastle di Inggris. Ketakutan terhadap kancing baju atau disebut koumpounophobia ini dialaminya sejak umur 7 tahun, ketika seorang teman memainkan kancing baju lalu Louisa berlari ketakutan.

Sejak saat itu, Louisa tidak pernah bisa santai berada di dekat orang yang memakai baju yang banyak kancingnya. Bila tidak bisa menghindar, maka ia akan mulai gemetar dan merasa gelisah atau bahkan kalau sudah tidak tertahankan dirinya akan berteriak histeris.

"Insiden terburuk adalah saat di Asda, seorang petugas wanita memakai blus dan cardigan serta gelang yang terbuat dari banyak sekali kancing baju. Gelang itu mendekat saat petugas itu memeriksa belanjaan saya dan saya tidak bisa tenang," kata Louisa seperti dikutip dari TheSun, Jumat (9/3/2012).

Di kehidupannya sendiri, Luisa juga sangat menghindari pakaian yang ada kancing bajunya. Ia selalu memilih pakaian yang tidak perlu dikancingkan, atau jika perlu maka ia akan lebih memilih baju atau celana yang memakai risleting daripada harus berkancing.

Untuk anak perempuannya yang bernama Bobby, ia juga memilihkan pakaian yang tidak ada kancingnya. Bukan karena Bobby juga punya fobia aneh seperti dirinya, tetapi karena ia khawatir harus bersentuhan dengan kancing baju saat mencuci dan menyeterikannya.

"Saya tahu ini tidak masuk akal. Kancing baju jelas tidak akan melukai saya, dan ia juga tidak bisa bergerak. Tapi cuma bentuk dan teksturnya itu selalu menakutkan saya," kata Luoisa.

Jika tanpa sengaja bersentuhan dengan kancing baju, kepanikan yang dialami Louisa memang berlebihan dan tidak masuk akal. Ia bisa saja berteriak histeris, lalu mencuci tangan hingga berkali-kali untuk memastikan bekasnya hilang sama sekali dari permukaan kulitnya.

Anehnya, ketakutan serupa tidak ia alami ketika bersentuhan dengan kancing baju yang terbuat dari logam seperti pada pakaian berbahan jins atau denim. Artinya sesuai dengan pengakuannya, bagi Louisa hal yang menakutkan dari kancing baju adalah teksturnya yang licin dan mengkilap.

Meski aneh dan berlebihan, fobia kancing baju diyakini bukan merupakan sindrom yang langka. Beberapa tokoh terkenal seperti almarhum Steve Jobs sang pendiri Apple diduga juga mengidap fobia kancing baju, sebab dalam setiap kesempatan ia lebih memilih baju turtle neck daripada kemeja yang ada kancingnya.
(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar