Rabu, 14 Maret 2012

Hilang Ingatan Saat Grogi Hanya Dialami Laki-laki

Browser anda tidak mendukung iFrame



Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Laki-laki dan perempuan sama-sama bisa grogi, namun hanya laki-laki yang menjadi gampang lupa saat mengalaminya. Jika ada perempuan yang juga menjadi mudah lupa, biasanya bukan karena grogi tetapi karena sifat aslinya memang pelupa.

Para ilmuwan dari Radboud University Nijmegen di Belanda membuktikan, laki-laki gampang mengalami kemerosotan mental saat berhadapan dengan lawan jenisnya. Kemerosotan mental yang ditandai dengan mudah lupa ini terjadi karena laki-laki tersebut merasa grogi.

Kecenderungan ini hanya dijumpai pada laki-laki heteroseksual yang memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis, sehingga tidak berlaku saat laki-laki gay bertemu sesama laki-laki. Begitu juga pada perempuan, kecenderungan ini tidak muncul meski grogi saat bertemu laki-laki.

"Hilang ingatan secara mendadak pada laki-laki lebih sering muncul terutama jika perempuan yang ditemuinya itu menarik dan laki-laki itu sendiri juga tertarik," kata penulis dalam laporan ilmiahnya seperti dikutip dari NYdailynews, Rabu (14/3/2012).

Kemerosotan mental karena grogi bahkan sudah bisa terjadi ketika laki-laki baru merencanakan akan bertemu dengan lawan jenis, terutama jika secara personal ada ketertarikan emosional. Perempuan juga bisa grogi, namun sekali lagi tidak menjadikannya mudah lupa.

Kesimpulan ini didasarkan pada hasil eksperimen yang dilakukan pada sekelompok mahasiswa di Belanda. Para partisipan diminta mengucapkan beberapa kata melalui webcam yang terhubung ke internet, lalu diberitahu bahwa dirinya ditonton orang lain di ruangan sebelah.

Partisipan laki-laki yang diberitahu bahwa penontonnya perempuan cenderung lebih grogi dan melakukan lebih banyak kesalahan, sementara jika diberitahu jika yang menonton adalah sesama laki-laki maka tidak ada masalah. Begitu juga pada partisipan perempuan, siapapun yang menonton relatif tidak ada masalah.


(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar