Jumat, 29 Juli 2011

Kamus Nyeri Dibuat Agar Pasien Mudah Jelaskan Rasa Nyeri

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Umumnya pasien mengalami kesulitan dalam menjelaskan rasa sakit atau nyerinya. Untuk itu peneliti kini berusaha membuat kamus rasa nyeri agar pengobatan yang diberikan lebih efektif.

Peneliti dari AS kini tengah berusaha membuat kosa kata atau kamus mengenai rasa sakit yang dialami oleh pasien. Hal ini penting karenna nantinya bisa membantu mengatasi rasa nyeri atau sakit tersebut dengan tepat.

"Penelitian mengenai rasa nyeri ini sangat sulit, karena dokter tidak bisa melihat rasa sakit yang dialami oleh pasien secara langsung," ujar Werner Ceusters, MD, profesor psikiatri dari School of Medicine and Biomedical Sciences, University at Buffalo, seperti dikutip dari MedIndia, Jumat (29/7/2011).

Ceusters mengungkapkan bahwa pasien harus menjelaskan apa yang ia rasakan, dan hal itu bukanlah suatu hal yang mudah sehingga bisa menjadi kelemahan yang serius. Kondisi ini ditambah dengan pengalaman masing-masing pasien yang berbeda sehingga sangat bersifat subyektif.

"Jika kita ingin lebih efektif dalam memberikan pengobatan terhadap seseorang dengan sakit kronis, maka kita perlu mempelajari kondisi pasien termasuk tingkat nyeri atau sakit yang dialaminya. Untuk itu perlu dikembangkan kosakata mengenai rasa sakit," ungkapnya.

Dalam studi ini Ceusters dan rekan mengumpulkan data dari ribuan pasien di Amerika Serikat, Swedia, Inggris, Israel dan Jerman dari pasien yang menderita nyeri di mulut dan wajah termasuk gangguan temporomandibular (TMD).

"Data ini nantinya akan diintegrasikan secara bersama-sama sehingga bisa memiliki kosa kata yang sama untuk memperoleh wawasan yang lebih baik dalam kompleksitas gangguan nyeri, khsuusnya penilaian gangguan rasa sakit dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kesehatan mental dan kualitas hidup pasien," ujar Ceusters.

Diharapkan kamus mengenai rasa nyeri dan sakit ini bisa membantu pasien dalam menggambarkan apa yang dialaminya, sehingga dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat dan efektif.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar