Kamis, 28 Juli 2011

Diet Terlalu Ketat Bikin Perempuan Sulit Punya Anak

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)London, Setiap perempuan ingin terlihat langsing dan kurus dengan melakukan diet yang ketat. Tapi sebaiknya hal ini jangan dilakukan, karena diet ketat bisa menurunkan kesempatan perempuan untuk hamil dan memiliki anak.

Diet yang terlalu ketat menyebabkan terganggunya asupan nutrisi sehingga tubuh tidak mendapatkan zat gizi yang cukup. Salah satu tanda adanya gangguan kesuburan pada seorang perempuan adalah ketika menstruasinya tidak teratur atau berhenti.

"Hipotalamus dalam otak berfungsi mengontrol pelepasan hormon dari kelenjar pituitari yang mendorong siklus menstruasi dan merangsang ovarium melepaskan sel telur," ujar Dr Marie Wren selaku wakil direktur medis Lister Fertility clinic di London, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (28/7/2011).

Dr Wren menuturkan jika seorang perempuan melakukan diet ketat dan kehilangan banyak berat badan, maka proses tersebut akan terganggu atau malah terhenti. Kondisi ini merupakan salah satu cara bagi tubuh untuk mempertahankan sumber daya yang dimilikinya.

Hal ini karena ketika menstruasi, tubuh kehilangan zat besi sementara nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya sedikit, sehingga tubuh berusaha mempertahankan nutrisi yang ada dan tidak mampu kehilangan.

"Selain itu melakukan diet yoyo juga memungkinkan terjadinya kondisi tersebut, karena tubuh akan menganggap hal ini sebagai stres sehingga mematikan ovulasi," ujar Amanda Tozer selaku konsultan kesehatan reproduksi dari Barts and the London Hospital.

Jika tubuh hanya kehilangan sedikit berat badan dengan cara diet yang benar, maka kemungkinan tubuh tidak apa-apa. Tapi jika berat badan yang turun terlalu ekstrem dalam waktu singkat maka asupan nutrisi kurang dan mengurangi kesuburan.

Hal lain yang perlu diketahui adalah efek terganggunya kesuburan ini bisa terjadi seumur hidup. Sekitar 20 persen dari perempuan yang memiliki tubuh sangat kurus tidak lagi mengalami menstruasi meskipun berat badannya sudah kembali normal.

"Seringkali satu-satunya cara agar mereka yang memiliki berat badan sangat kurus ini bisa hamil adalah dengan mencoba untuk memulai proses ovulasi menggunakan obat-obatan," ujar Dr Wren.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar