Rabu, 20 Juli 2011

Gangguan Ginjal Lebih Mematikan Jika Pinggang Terlalu Lebar

Your browser does not support iframes.



foto: ThinkstockJakarta, Banyak kerugian yang harus ditanggung oleh pemilik tubuh gemuk, termasuk dalam kaitannya dengan gangguan fungsi ginjal. Pada orang gemuk dengan lingkar pinggang terlalu lebar, risiko kematian akibat gangguan ginjal relatif lebih tinggi.

Dalam sebuah penelitian, Dr Holly Kramer dari Lolola University Health System mengamati 5.800 pasien berusia 45 tahun ke atas yang memiliki riwayat gangguan fungsi ginjal. Hasil pengamatan menunjukkan, 686 pasien atau 11,8 persen meninggal dalam kurun waktu 4 tahun.

Ketika dibandingkan dengan berat dan tinggi badan, pasien yang meninggal memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) rata-rata 29,2. Dari angka tersebut, pasien yang meninggal justru sedikit lebih kurus dibandingkan pasien yang masih hidup, yang rata-rata memiliki IMT 30,3.

Baik pada pasien yang meninggal maupun yang masih hidup, rata-rata IMT yang teramati keduanya sama-sama tergolong tidak sehat. Dikutip dari Healthday, Rabu (20/7/2011), IMT pada kisaran 25-29,9 sudah dikategorikan overweight atau kelebihan berat badan, smentara IMT 30 ke atas tergolong obesitas.

Meski lebih kurus jika dilihat berdasarkan IMT, dalam penelitian itu pasien yang meninggal memiliki lingkar pinggang lebih besar dibanding pasien yang masih hidup. Ini berarti pasien yang meninggal rata-rata mengalami obesitas sentral, yakni gemuk di bagian perut saja.

Para peneliti berkesimpulan, lingkar pinggang lebih akurat dibanding IMT untuk memprediksikan risiko kematian pada gangguan ginjal. Makin besar lingkar pinggangnya, makin tinggi risikonya untuk mengalami kematian, tentunya dengan tetap memperhatikan faktor lainnya.

Dalam kesimpulannya para peneliti mengatakan, perempuan dengan lingkar pinggang 107,9 cm memiliki risiko kematian 2,1 kali lebih besar dibanding pemilik lingkar pinggang 80,01 cm. Pada pria, lingkar pinggang sebesar 121,9 cm meningkatkan risiko kematian 2,1 kali lipat dibandingkan 93,98 cm.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar