Kamis, 28 Juli 2011

37 Tahun Hidup dengan Klem Bedah Tertinggal di Perut

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Hubei, China, Sakit perut berkepanjangan harus selalu diwaspadai, apalagi jika sampai bertahun-tahun tidak sembuh meski sudah diobati. Seorang pria di China mengalaminya dan ketika diperiksa ternyata ada klem bedah tertinggal di perut selama 37 tahun.

Pria yang hanya disebutkan memiliki marga atau nama belakang Liu ini awalnya hanya mengeluh sering sakit perut. Tidak diketahui sebabnya, yang jelas rasa sakit itu selalu kambuh meski pria asal Provinsi Hubei, China ini sudah mengonsumsi pereda nyeri.

Tak tahan dengan penderitaannya, pria berusia 67 tahun tersebut akhirnya mendatangi Xiantao City People's Hospital untuk memeriksakan diri pada 17 Juli 2011. Karena tidak menemukan penyakitnya, dokter lalu menawarkan pemindaian dengan sinar-X.

Hasil pemindaian sungguh mengejutkan, karena ada benda mirip gunting dengan panjang sekitar 10 cm bersarang di perut Liu. Operasi segera dilakukan dan akhirnya terungkap, benda mirip gunting tersebut adalah klem bedah yang biasa dipakai untuk menjepit pembuluh darah.

Asal muasal klem bedah segera ditelusuri karena dalam beberapa tahun terakhir Liu mengaku tidak pernah dioperasi. Kemungkinan adanya unsur mistis seperti ilmu santet juga dikesampingkan, karena Liu mengaku selama ini tidak pernah punya musuh.

Rupanya saat ditanya oleh dokter, Liu mengaku sudah mengalami sakit perut yang tidak wajar ini sejak puluhan tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 1974, Liu memang menjalani operasi untuk mengatasi tukak lambung atau maag kronis yang pernah dideritanya.

Sejak dioperasi 37 tahun silam, maag yang diderita Liu memang sembuh namun nyeri di perutnya muncul lagi dengan gejala dan intensitas yang berbeda. Karena mengira itu hanya sakit perut biasa, Liu tidak menyangka bahwa ada alat bedah tertinggal di perutnya.

Beruntung dokter mengatakan bahwa selama 37 tahun, klem tersebut tidak melukai organ dalam Liu. Seperti dikutip dari Shanghaidaily, Jumat (29/7/2011), selama puluhan tahun klem tersebut posisinya terjepit di omentum atau jaringan lemak di sekitar usus.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar