Jumat, 29 Juli 2011

Atlet Remaja Terancam Risiko Osteoartritis

Your browser does not support iframes.



foto: ThinkstockJakarta, Anak dan remaja yang mengalami perkembangan abnormal pada tulang panjang antara panggul dan lutut karena olahraga intensitas tinggi seperti atlet, terancam berisiko besar mengalami osteoarthritis pinggul.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa olahraga seperti sepak bola dan basket yang dilakukan dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan terjadinya perkembangan abnormal pada tulang panjang antara panggul dan lutut, sehingga memperbesar risiko terjadinya osteoarthritis pinggul pada anak dan remaja.

Peneliti Swiss menjelaskan bahwa cacat dari bagian atas tulang yang dikenal sebagai femur, dapat membuat berkurangnya kemampuan rotasi dan menyebabkan nyeri selama gerakan pada atlet muda yang kompetitif.

Secara keseluruhan, peneliti menemukan atlet 10 kali lebih mungkin mengalami gangguan fungsi pinggul daripada mereka yang tidak bermain olahraga intensitas tinggi.

"Hal ini mungkin menjelaskan mengapa atlet lebih mungkin untuk mengembangkan osteoartritis daripada individu yang tidak melakukan olahraga secara intens," ujar Dr. Klaus Siebenrock dari University of Bern di Swiss, seperti dilansir Healthday, Kamis (28/7/2011).

Untuk menyimpulkan hal tersebut, peneliti memeriksa kondisi fisik dan rentang gerak 72 pinggul pada 37 pemain basket profesional pria dan 76 pinggul dari 38 peserta kontrol yang tidak berpartisipasi melakukan olahraga tingkat tinggi.

Studi menunjukkan bahwa pria dewasa dan remaja yang bermain di sebuah klub basket elit sejak usia 8 tahun, lebih mungkin mengalami osteoarthritis pinggul daripada mereka yang tidak ambil bagian dalam olahraga berat.

Peneliti menemukan bahwa para atlet kebanyakan menderita kelainan tulang paha femur yang menyebabkan mereka mengalami kontak abnormal dengan soket pinggul.

Akibatnya, kelainan ini akan mengurangi rotasi pinggul internal dan membuat gerakan pinggul yang menyakitkan. Penulis penelitian mengatakan kelainan ini akan memburuk selama akhir masa remaja.

(mer/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar