Selasa, 29 November 2011

Sembuh dari Kanker Pertama, Kanker Kedua Mengintai

Your browser does not support iframes.




(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kanker yang sudah disembuhkan kadang bisa muncul atau kambuh kembali. Studi menemukan kanker yang terjadi kedua kali kemungkinan besar memiliki tipe yang sama seperti kanker yang pertama.

Tim peneliti menuturkan sekitar 15 persen dari penderita kanker di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker untuk kedua kalinya. Namun kanker yang dialami ini bisa sama atau berbeda tipenya.

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis data penduduk Denmark (7,5 juta) dari tahun 1980-2007 dan menemukan sekitar 10 persen penduduk memiliki 1 atau lebih diagnosis kanker.

Hasil temuan menunjukkan penderita kanker memiliki risiko 2,2 kali lebih besar mengembangkan kanker kedua kali dengan jenis kanker yang sama, dan risiko meningkat 1,1 kali lipat mengembangkan jenus kanker kedua yang berbeda dengan yang pertama.

Risiko yang ada bervariasi tergantung dari jenis kanker yang dimilikinya. Risiko kanker kedua dari jenis yang sama kemungkinan terjadi pada orang yang memiliki sarcoma (tumor dari jaringan penyambung biasanya pada jaringan lunak dan tulang) sedangkan kemungkinan lebih rendah terjadi pada penderita kanker prostat.

Sedangkan risiko kanker kedua berbeda dengan yang pertama lebih tinggi terjadi pada penderita kanker laring (kanker pada pita suara, kotak suara) dan lebih rendah terjadi pada penderita kanker prostat. Hasil studi ini telah dilaporkan pada 28 November 2011 dalam Canadian Medical Association Journal (CMAJ).

"Namun karakteristik dari individu pasien juga terlibat dalam menciptakan perbedaan risiko munculnya kanker yang kedua kali," ujar Dr Stig Bojesen dari Herlev Hospital, Copenhagen University Hospital, seperti dikutip dari HealthDay, Selasa (29/11/2011).

Lebih lanjut kolega dari Dr Bojesen menuturkan risiko terjadinya kanker untuk kedua kalinya menjadi lebih spesifik untuk tipe kanker tertentu dan kemungkinan didorong oleh faktor genetik serta gaya hidup pasien itu sendiri.


(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar