Selasa, 29 November 2011

Kurangnya Taman Bikin Kadar Stres Orang Jakarta Tinggi

Your browser does not support iframes.




(Foto: thinkstock)
Jakarta, Jakarta memiliki tingkat polusi dan kemacetan yang tinggi sehingga warganya rawan terkena stres. Tingkat stres tinggi ini juga karena ketidakseimbangan infrastruktur yang ada.

Untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik atau menjadi kota yang layak huni adalah adanya keseimbangan antara ruang terbuka yang hijau (green/open space), jalanan/infrastruktur dan pembangunan gedung.

"Kualitas living di Jakarta rendah karena ketiga hal tersebut tidak seimbang, di Jakarta green/open spacenya hanya 13 persen padahal idealnya adalah 33 persen," ujar M Ridwan Kamil selaku urban planner dalam acara peluncuran Phillips The '+' Project di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (29/11/2011).

Ridwan yang juga dosen di ITB menuturkan kadar stres orang Jakarta tinggi karena tidak memiliki tempat yang terbuka, jadi banyak warga Jakarta yang hidup di lingkungan tidak layak. Tapi jika ada ruang terbuka yang hijau seperti taman maka orang bisa berjalan atau bersepeda untuk menghilangkan stres.

Kota yang layak huni meliputi berbagai kebutuhan dasar seperti akses terhadap air layak minum, ketersediaan makanan bergizi serta akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. Kelayakan ini juga diukur berdasarkan faktor keamanan, solidaritas masyarakat dan kelestarian energi.

Sementara itu Samuel Mulia selaku lifestyle expert menuturkan seseorang memiliki kehidupan yang sehat jika ia bebas dari penyakit, merasa aman dan nyaman baik secara fisik, mental dan sosial, serta memiliki hidup yang panjang dengan melakukan pemeriksaan dini.

"Mulailah dengan peduli terhadap diri sendiri, karena jika orang tidak peduli dengan dirinya maka ia akan makan sesuka hati maka suatu saat nanti akan berdampak buruk bagi dirinya sendiri," ujar Samuel.

Dengan melakukan pola hidup yang sehat serta tinggal di kota yang layak maka seseorang akan mendapatkan status kesehatan dan juga kesejahteraan yang baik, sehingga kualitas hidupnya pun akan meningkat.



(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar