Sabtu, 26 November 2011

Jawa Timur Lampaui Papua untuk Jumlah Terbanyak Kasus AIDS

Your browser does not support iframes.




Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Selama ini, Papua dianggap sebagai salah satu wilayah dengan tingkat penularan HIV/AIDS tertinggi di Indonesia. Namun data terbaru Kementerian Kesehatan menunjukkan, jumlah kasus AIDS di Papua masih kalah banyak dibanding Jawa Timur.

Hingga bulan September 2011, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada 4.318 kasus AIDS (acquired immune deficiency syndrome) di Provinsi Jawa Timur. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Papua yang menempati peringkat kedua dengan 4.005 kasus.

Peringkat ketiga ditempati oleh DKI Jakarta dengan 3.998 kasus, disusul Jawa Barat dengan 3.804 kasus. Bali menempati posisi paling bawah di daftar 5 besar provinsi yang memiliki jumlah kumulatif kasus AIDS tertinggi di Indonesia dengan 2.331 kasus.

Meski kasus AIDS di Jawa Timur paling tinggi, Kemenkes tetap memberi perhatian khusus pada Papua yang hanya berada di peringkat kedua. Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung (PPML) Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, MMPM mengatakan prioritas penanganan AIDS tidak hanya didasarkan pada jumlah kasus.

"Jumlah kasusnya, Jatim memang paling tinggi. Tapi kalau dilihat prevalensi, artinya perbandingan jumlah kasus dengan jumlah penduduk, Papua jauh lebih tinggi. Papua penduduknya hanya 2 juta, yang kena AIDS 4.000," kata dr Subuh dalam jumpa pers di Kemenkes, Jumat (25/11/2011).

Menurut dr Subuh, tingginya prevalensi AIDS di Papua tak lepas dari faktor ignorance atau ketidaktahuan. Ketika suatu masyarakat tidak punya cukup wawasan tentang AIDS, maka orang-orang yang tinggal di dalamnya tidak tahu bagaimana cara mencegahnya.

Penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) penyebab AIDS tidak hanya terjadi melalui hubungan seks yang tidak aman, tetapi juga lewat pemakaian jarum suntik secara bergantian. Penularan juga bisa terjadi dari ibu ke anak, melalui cairan plasenta saat berada dalam kandungan.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar