Rabu, 30 November 2011

1 dari 5 Orang RI Tak Mengerti Riwayat Sakit Seks Pasangannya

Your browser does not support iframes.




(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Infeksi menular seksual bisa ditularkan melalui hubungan seks. Tapi sayangnya sekitar 1 dari 5 orang Indonesia mengaku tidak tahu apakah pasangannya pernah menderita infeksi menular seksual atau tidak.

Berdasarkan hasil Sexual Wellbeing Global Survey yang dilakukan oleh Durex terhadap 1.015 partisipan laki-laki dan perempuan Indonesia yang berusia di atas 18 tahun, ditemukan bahwa sekitar 1 dari 5 orang tidak tahu apakah pasangannya pernah menderita infeksi menular seksual.

"Keterbukaan orang dengan pasangannya masih belum ada dan kayanya susah sekali, padahal kalau kena penyakit kelamin lalu yang perempuan hamil bisa menyebabkan cacat pada janin," ujar dr Boyke Dian Nugraha, SpOG dalam acara Media talk show: Sexual Wellbeing Global Survey di Restoran Black Cat, Jakarta, Rabu (30/11/2011).

dr Boyke mengungkapkan setiap pasangan pasti ingin memiliki anak yang sehat, salah satu caranya adalah memiliki keterbukaan satu sama lain. Namun kebanyakan masyarakat sulit mengungkapkannya dan beranggapan hal tersebut adalah masa lalu dari pasangannya.

"Masyarakat biasanya sudah negatif thinking dulu kalau ditanya apakah punya infeksi menular seksual atau tidak, jadinya saling menutup diri. Padahal itu bukan masa lalu tapi suatu hal yang patut untuk diomongin," ungkapnya.

Sebagian besar orang yang memiliki infeksi menular seksual tidak tahu bahwa dirinya terinfeksi. Kondisi ini karena tidak adanya gejala yang muncul sehingga tanpa disadari ia bisa menularkan infeksi tersebut ke orang lain.

Beberapa penyakit infeksi diketahui bisa menular melalui hubungan seksual seperti sifilis, herpes dan juga HIV yang nantinya dapat berdampak bagi tubuh atau jika hamil bisa menyebabkan cacat seperti kelainan pada usus bayi.


(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar