Jumat, 10 Februari 2012

Lelaki Berpenyakit Kulit Lebih Rentan Lemah Syahwat

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bagi seorang lelaki, penyakit kulit tidak hanya menganggu penampilan fisik dari luar. Menurut penelitian terbaru, penyakit eksim yang menyerang kulit juga bisa meningkatkan risiko gangguan seksual berupa lemah syahwat atau susah ereksi.

Penelitian yang dimuat dalam Sexual of Sexual Medicine ini mengatakan, laki-laki yang menderita eksim lebih berisiko mengalami gangguan ereksi dengan berbakai tingkat keparahan. Tidak diketahui sebabnya, namun hubungannya dikatakan sangat erat.

"Ada kaitan erat antara disfungsi ereksi dengan riwayat peyakit kulit atopic dermatitis (nama lain untuk eksim)," jelas Shiu-Dong Chung dari Taipei Medical University yang melakukan penelitian itu seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (10/2/2012).

Dalam penelitian tersebut, Chung melakukan pengamatan terhadap 3.997 penderita lemah syahwat dan menelusuri riwayat penyakitnya di masal lalu. Hasilnya kemudian dibandingkan dengan 20.000 partisipan lain yang tidak punya riwayat disfungsi ereksi.

Di kelompok penderita lemah syahwat, 11 persen partisipan diketahui punya riwayat pernah sakit eksim. Angkanya teramati lebih tinggi dibandingkan jumlah mantan penderita eksim di kelompok laki-laki sehat tanpa lemah syahwat, yakni kurang dari 7 persen.

Perbedaan data ini pada kedua kelompok ini kemudian dianalisis lebih mendalam. Hasilnya tampak ada kecenderungan sebanyak 60 persen lebih besar untuk mengalami disfungsi ereksi, saat seorang pria pernah memiliki riwayat sakit kulit berupa eksim.

Namun karena kesimpulan ini belum diketahui pasti apa sebabnya, Chung tidak mau buru-buru mengatakan bahwa sakit kulit bisa menjadi pemicu tunggal pada penderita lemah syahwat. Selama ini, penyakit yang lebih banyak disebut sebagai pemicu disfungsi ereksi adalah sakit jantung, diabetes dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya.
(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar