Senin, 13 Februari 2012

Makan Berlebihan Bikin Daya Ingat Melemah

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Jakarta, Makan berlebihan dapat menggandakan risiko mengalami masalah daya ingat. Orang dewasa yang makan antara 2.100-6.000 kalori setiap hari dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan masalah daya ingat yang makin melemah.

Hasil penelitian baru tersebut dijadwalkan akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Academy of Neurology di New Orleans.

Semakin banyak kalori yang dikonsumsi orang dewasa, maka risiko mild cognitive impairment (MCI) menjadi lebih tinggi. MCI merupakan istilah medis untuk kehilangan memori ringan. Orang dengan MCI berisiko lebih besar untuk mengembangkan demensia, tetapi tidak terjadi pada semua kasus MCI.

Meskipun tidak cukup serius mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Namun orang dengan MCI mungkin memiliki masalah untuk mengingat peristiwa atau informasi baru, serta memiliki masalah dengan fungsi otak lainnya.

Penelitian tersebut telah melibatkan lebih dari 1.200 orang berusia antara 70-89 tahun, termasuk 163 orang yang memiliki tanda-tanda MCI. Peserta dijelaskan mengenai diet yang akan dilakukan selama setahun sebelum mengisi kuesioner penelitian.

Sepertiga peserta penelitian makan antara 600-1.526 kalori per hari, sepertiga lainnya makan antara 1.526-2.143 kalori, sedangkan sisanya makan antara 2.143-6.000 kalori per hari. Penelitian tersebut juga mengambil faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, riwayat stroke, dan depresi.

Peserta penelitian yang mengambil kalori dalam jumlah tertinggi per hari memiliki risiko dua kali lipat untuk mengalami MCI.

"Hasil penelitian tersebut cocok dengan apa yang telah diketahui tentang faktor risiko orang dengan usia setengah baya untuk penyakit Alzheimer. Obesitas meningkatkan risiko Alzheimer, dan pembatasan kalori dapat menurunkan risiko untuk Alzheimer," kata Sam Gandy, MD, PhD, direktur dari Mount Sinai Alzheimer's Disease Research Center di New York seperti dilansir dari WebMD, Senin (13/2/2012).

"Penelitian lebih lanjut dan lebih telah menunjukkan bahwa segala sesuatu yang baik untuk jantung adalah baik untuk otak. Ketika orang makan berlebihan, akan ada komplikasi termasuk risiko untuk masalah diabetes, stroke, dan masalah daya ingat," kata David Loewenstein, PhD., seorang profesor psikiatri dan ilmu perilaku di University of Miami Miller School of Medicine.

Cobalah untuk mengendalikan jumlah kalori yang dikonsumsi, dan berolahraga secara teratur. Jika memotong jumlah kalori dan mengganti dengan makanan bergizi, risiko penyakit otak dan penyakit jantung dapat berkurang secara signifikan.

"Namun hasil penelitian tersebut tidak dapat membuktikan apakah makan terlalu banyak menyebabkan masalah daya ingat. Bisa jadi masalah daya ingat menyebabkan seseorang untuk makan terlalu banyak," kata Marc L. Gordon, MD, kepala neurologi di Zucker Hillside Hospital in Glen Oaks, New York.

"Orang-orang berusia 70 tahun hingga diatas 80 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.100 kalori per hari. Karena jika mengonsumsi kalori lebih dari jumlah tersebut dapat berisiko mengalami penyakit kognitif dan obesitas," kata Christine Tangney, PhD, seorang profesor nutrisi klinis di Rush University Medical Center di Chicago.


(del/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar