Rabu, 15 Februari 2012

Gangguan Jiwa, Belum Berhenti Cuci Tangan Kalau Belum Berdarah

Browser anda tidak mendukung iFrame



ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Hull, Inggris, Karena mengalami gangguan obsesif kompulsif (obsessive compulsive disorder), seorang ibu dikira akan bunuh diri lantaran ia terus-menerus ingin mencuci tangannya sampai berdarah.

Debbie Thomson (31 tahun) telah menderita gangguan obsesif kompulsif (obsessive compulsive disorder atau OCD) sejak ia masih kecil, yang membuatnya selalu berpikir bahwa keluarganya akan meninggal ketika dia menyentuh gagang pintu.

Saking takutnya, ia juga terus-menerus mencuci tangannya sampai berdarah dan akan mengasapi rumahnya setiap kali ada tamu yang habis berkunjung.

Gangguan obsesif kompulsif yang diderita Debbie semakin menjadi-jadi setelah kelahiran putrinya, Mina. Kebiasaanya selalu mencuci tangan membuat ia menjadi panik dan sangat takut putrinya akan menyentuh segala macam benda. Hal ini bahkan membuatnya sangat depresi.

"Dia (Mina) akan menyentuh segala macam benda. Saya tidak dapat mengendalikannya, ketika dia berumur 6 bulan saya menjadi sangat depresi dan mencapai titik dasar," jelas Debbie Thomson yang berasal dari Hull, Inggris, seperti dilansir Dailymail, Rabu (15/2/2012).

Ibu muda ini pun harus minum obat antidepresan tiga kali sehari dan menjalani psikoterapi. Tapi kini kondisinya lebih terkendali meski mengaku masih sesekali kambuh.





"Ini adalah penyakit yang sangat rahasia. OCD masih dianggap sedikit tabu dan orang-orang tidak memahaminya. Saya akan melakukan ritual (cuci tangan) dan tidak bisa menyentuh pegangan pintu karena saya pikir seseorang dalam keluarga saya akan mati," lanjut Debbie.

Tak hanya mencuci tangan, terkadang Debbie juga akan mencuci muka secara berlebihan yang membuat kulitnya benar-benar kering.

Debbie didiagnosa menderita penyakit ini ketika ia berusia 16 tahun setelah pacarnya pada saat itu memberinya selebaran tentang OCD. Pada awalnya, ia tidak tahu bagaimana bereaksi dan tidak sepenuhnya menyadari kondisi tersebut.

Gangguan obsesif kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder/OCD) adalah suatu gangguan yang mana seseorang memiliki pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal sehingga membuat orang tersebut melakukan perilaku yang berulang-ulang (tekanan).

Ciri orang yang mengalami OCD adalah selalu mengulang-ulang atau mengecek berkali-kali untuk meyakini dirinya sendiri bahwa yang dilakukannya sudah benar. Penyebab OCD ini hingga kini belum diketahui pasti, tapi pemicunya bisa karena stres atau mengalami tekanan berat.

(mer/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar