Rabu, 22 Februari 2012

Duduk 7 Jam Sehari Bikin Wanita Berisiko Kena Diabetes

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Jakarta, Saat ini sebagian besar pekerjaan menuntut karyawananya untuk duduk terus menerus di depan komputer. Tapi hati-hati, karena perempuan yang duduk lebih dari 7 jam dalam sehari berisiko kena diabetes.

Penelitian baru menunjukkan perempuan yang duduk sampai 7 jam sehari berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam seminggu, maka cenderung menunjukkan tanda-tanda penyakit lebih awal.

Hasil tes darah yang ditunjukkan dalam studi ini menunjukkan perempuan yang banyak duduk memiliki tanda-tanda tubuh untuk mengembangkan diabetes. Namun peneliti mengungkapkan tidak menemukan hubungan seperti itu pada laki-laki, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (23/2/2012).

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Leicester menuturkan penyebab pastinya belum diketahui, tapi kemungkinan perempuan lebih rentan terhadap kerusakan akibat perilaku yang menetap atau terus menerus dilakukan.

Tim peneliti melibatkan 505 laki-laki dan perempuan yang berusia 59 tahun dan menanyakan tentang berapa lama waktu yang dihabiskan untuk duduk selama seminggu. Setiap partisipan akan menjalani tes untuk mengukur kadar bahan kimia tertentu dalam darah yang diketahui berhubungan dengan timbulnya diabetes.

Hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menunjukkan perempuan yang jumlah aktivitas duduknya lama memiliki kadar insulin yang lebih tinggi. Meningkatnya kadar insulin ini menunjukkan tubuh lebih mudah resisten terhadap hormon sehingga diabetes mulai berkembang.

Selain itu didapatkan pula kadar yang lebih tinggi untuk C-reactive protein, leptin, adinopectin dan interleukin-6 yang semuanya merupakan bahan kimia yang dilepaskan oleh jaringan lemak di perut dan mengarah adanya peradangan.

Studi ini memberikan bukti baru bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk memiliki dampak memicu terjadinya resistensi insulin dan peradangan kronis tingkat rendah apda perempuan, tapi tidak ditemukan pada laki-laki.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang jika tidak terkendali bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi. Namun penyakit ini sebenarnya bisa dicegah atau dihindari dengan melakukan pola hidup sehat seperti melakukan aktivitas fisik, pola makan yang baik serta mendapatkan tidur yang cukup.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar