Selasa, 14 Februari 2012

Omongan Pria Jadi Lain Saat Berhadapan dengan Wanita Subur

Browser anda tidak mendukung iFrame



(Foto: thinkstock)
Jakarta, Wanita subur atau sedang dalam masa ovulasi biasanya mengalami perubahan kecil pada rona wajah, suara dan aroma tubuh wanita. Nah, saat wanita sedang dalam masa subur ternyata bisa mempengaruhi cara bicara pria yang bisa menjadi lain dari biasanya.

Perempuan di masa subur biasanya menjadi lebih aktif atau agresif, pita suara meningkat sehingga terdengar lebih nyaring dibanding hari biasa dan cenderung memperhatikan penampilannya.

Masa subur pada perempuan dihitung kurang lebih 14 hari sebelum mendapatkan menstruasi atau masa subur itu sekitar hari ke 12-15 yang dihitung sejak haid hari pertama.

Sebuah hasil studi baru menunjukkan, ketika pria berinteraksi dengan seorang wanita yang sedang dalam masa subur, pria bisa menangkap perubahan halus pada nada suara wanita. Ketika menyadari hal tersebut, biasanya pria merespons dengan mengubah pola bicara. Perubahan ini mengaktifkan keinginan pria untuk kawin dan menyebabkan pria mengubah cara bicaranya.

"Hal tersebut merupakan sebuah pergeseran yang tidak disengaja dalam bahasa pria yang menjadi lebih kreatif dalam berbicara. Perubahan ini diyakini untuk menarik pasangan potensial," kata para peneliti seperti dilansir dari Health, Selasa (14/2/2012).

Perilaku dari pria saat tahu sedang berhadapan dengan wanita subur misalnya menggunakan kata-kata atau kalimat yang sangat menyanjung wanita atau menulis puisi romantis. Tujuannya tak lain berusaha untuk menemukan pasangan atau menjajaki seorang calon pasangan yang potensial.

Dalam sebuah percakapan, lawan bicara biasanya akan menyesuaikan pilihan kata untuk menunjukkan kesamaan pendapat dan kedekatan. Tetapi ketika berbicara dengan wanita subur, pria cenderung tidak menyamakan atau menyalin struktur kalimat sang wanita dan mencoba untuk memiliki pendapatnya sendiri.

"Ini menunjukkan dinamika hubungan interpersonal yang terjadi ketika pria dan wanita saling mengenal diatur oleh perubahan biologis tubuh wanita dan sensitivitas laki-laki terhadap perubahan faktor-faktor biologis itu," kata Michael Kaschak, PhD., seorang profesor psikologi di Florida State University, Tallahassee.

Telah lama diketahui bahwa yang berjenis kelamin laki-laki dari berbagai spesies akan merubah perilaku jika sedang berusaha untuk menemukan pasangan atau menjajaki seorang calon pasangan.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal PLos One.


(del/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar