Sabtu, 28 April 2012

Tanpa Menteri, Program-program Kemenkes Jalan Terus

Browser anda tidak mendukung iFrame



Menkes (detikHealth)
Jakarta, Pengunduran diri Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih telah disampaikan dan diterima oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meski demikian, program-program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap akan berjalan di bawah koordinasi Wakil Menkes.

"Presiden telah menugaskan Wamen (wakil Menteri) dan pejabat-pejabat terkait di Kemenkes, untuk sementara tugas menteri dan aktivitas kementerian dilakukan oleh Wamen dan pejabat-pejabat terutama eselon 1," kata Wamenkes, Ali Gufron Mukti dalam jumpa pers di Kemenkes, Jumat (27/4/2012).

Meski tidak lagi dipimpin oleh Menkes, program-program kementerian sejauh ini masih tetap berjalan. Wamenkes mencontohkan, salah satu program yang dijalankan tanpa kehadiran Menkes adalah pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengendalian Tembakau dengan Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat beberapa hari yang lalu.

Meski tidak dipimpin langsung oleh Menkes, pembahasan tersebut berhasil membuahkan sejumlah kesepakatan dengan berbagai stakeholder yang hadir. Wamenkes juga mengatakan, dalam pembahasan tersebut Menkes juga selalu memberikan pengarahan meski sedang menjalani perawatan.

Wamenkes menegaskan, semua kegiatan dan pelayanan yang harus segera diputuskan karena ditunggu oleh masyarakat harus tetap dijalankan tanpa kehadiran Menkes. Kalau dibutuhkan, dirinya siap melakukan pengambilan keputusan agar tidak ada yang dibiarkan menggantung tanpa kepastian.

Ditanya soal prioritas, Wamenkes mengatakan saat ini sedang fokus pada BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) atau program jaminan kesehatan. Program tersebut menjadi prioritas karena banyak ditunggu, terutama oleh masyarakat dari kalangan kurang mampu alias miskin atau hampir miskin.

Tak lupa Wamenkes menyampaikan, saat ini seluruh jajaran Kemenkes bersama-sama fokus untuk mendoakan Menkes agar cepat pulih dari sakit dan segera melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Wamenkes juga mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mendoakan Menkes.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar