Sabtu, 28 April 2012

Masih Jalani Perawatan, Menkes dalam Kondisi Sadar yang Baik

Browser anda tidak mendukung iFrame



Menkes Endang (dok. detikHealth)
Jakarta, Hampir 3 minggu Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menjalani perawatan untuk penyakit kanker paru yang dialaminya di RSCM. Kondisi Menkes saat ini dalam kesadaran yang baik.

"Kondisi Menkes saat ini dalam kesadaran baik dan masih terus menjalani perawatan tim dokter untuk perbaikan keadaan umum," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik drg. Murti Utami, MPH dalam penjelasan tertulisnya seperti dilansir detikHealth, Rabu (25/4/2012).

Sebelumnya memang sempat beredar kabar kondisi kesehatan Menkes yang menurun. Namun rilis ini dengan tegas menjelaskan kondisi Menkes yang masih dalam kesadaran yang baik.

Menurut Murti, saat ini Menkes sedang melanjutkan program rehabilitasi medik serta penanggulangan nyeri setelah terapi radiasi yang dijalaninya selesai dilakukan.

Tim dokter belum mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk perawatan Menkes, karena masih terus melakukan monitoring dan pemeriksaan khusus.

Menkes menjalani perawatan di RSCM karena merasa tubuhnya nyeri. Kesimpulan hasil pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan tim dokter, Menkes memerlukan pengobatan berupa radioterapi atau radiasi secara serial. Selain radioterapi, dilakukan pula pemantauan kondisi darah dan metabolisme untuk meningkatkan stamina/kondisi tubuh.

Menkes dideteksi mengidap kanker paru sejak Oktober 2010. Sejak itu Menkes telah menjalani pengobatan baik di dalam negeri dan luar negeri selama kurang lebih satu setengah tahun.

Pengobatan yang selama ini telah dijalani oleh Menkes antara lain radiasi lokal dan bedah beku, tujuannya untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh.

"Selama menjalani perawatan di RSCM, Menkes masih memberikan arahan kepada para stafnya," ungkap Murti.




(ir/mer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar