Senin, 23 April 2012

Peneliti Jepang Bisa Sembuhkan Kebotakan

Browser anda tidak mendukung iFrame



ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Selama ini kebotakan dianggap tak ada obatnya. Beruntung sebuah tim peneliti Jepang telah berhasil menumbuhkan rambut pada tikus botak dengan menanamkan folikel yang dibuat dari sel punca (stem cell) dewasa.

Penemuan yang dipublikasikan secara online di majalah sains Nature Communications ini diharapkan mampu memberikan harapan baru untuk menyembuhkan kebotakan.

Dipimpin oleh profesor Takashi Tsuji dari Tokyo University of Science, tim peneliti tersebut menciptakan folikel rambut buatan dan mentransplantasikannya ke dalam kulit tikus yang tak berambut.

Tikus itu pun akhirnya ditumbuhi rambut yang terus beregenerasi secara normal setelah rambut lamanya rontok.

Ketika sel punca tumbuh ke dalam jaringan atau organ, sel tersebut biasanya perlu diekstraksi ke dalam embrio, namun Tsuji dan timnya menemukan bahwa folikel rambut dapat ditumbuhkan dengan sel punca dewasa.

"Studi terbaru kami mendemonstransikan potensinya bukan hanya karena terapi regenerasi rambut tetapi juga realisasi penggantian organ buatan dengan menggunakan sel punca somatik dewasa," ungkap Tsuji seperti dilansir dari MyFoxBoston, Senin (23/4/2012).

Kombinasi dari teknologi yang sudah ada dan teknologi baru diharapkan bisa meningkatkan efektivitas pengobatan kebotakan sehingga memungkinkan orang-orang untuk menggunakan selnya sendiri sebagai implan yang akan mengembalikan kondisi rambutnya.


(ir/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar