Kamis, 26 April 2012

Kemkes: Berita Meninggalnya Menkes Tidak Benar

Browser anda tidak mendukung iFrame



Menkes (foto: detikHealth)
Jakarta, Sejak Selasa 24 April 2012 beredar kabar Kondisi Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih sedang kritis. Meski Kementerian Kesehatan sudah menjelaskan kondisi Menkes masih dalam kesadaran baik, namun kabar tersebut makin santer pada Kamis ini.

"Berita/informasi yg mengatakan bahwa Menkes telah meninggal dunia adalah tidak benar. Beliau masih menjalani perawatan di RSCM," bunyi twitter Puskom Kemkes seperti dilansir Kamis (26/4/2012).

Puskom Kemkes juga menegaskan hal serupa dalam Blackberry Messenger (BBM). " Yth. Rekan Pers. Kami sampaikan bahwa isu meninggalnya Menkes adalah TIDAK BENAR".

Semua informasi tentang kondisi kesehatan Menkes yang kini tengah menjalani perawatan untuk kanker parunya secara resmi dikeluarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI dan Direktur Utama RSCM, Prof. DR. Dr. Akmal Taher, Sp.U (K).

Setelah dikabarkan kritis pada Selasa lalu (24/4/2012), Puskom Kemkes langsung menjelaskan kondisi Menkes yang masih dalam kesadaran penuh pada Rabu kemarin (25/4/2012).

"Kondisi Menkes saat ini dalam kesadaran baik dan masih terus menjalani perawatan tim dokter untuk perbaikan keadaan umum," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik drg. Murti Utami, MPH dalam penjelasan tertulisnya seperti dilansir detikHealth, Rabu (25/4/2012).

Menkes dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sudah hampir tiga minggu. Di RSCM, Menkes menjalani perawatan berupa radioterapi atau radiasi secara serial.

Menurut Murti, perawatan berupa radioterapi atau radiasi secara serial itu sekarang sudah selesai dilakukan. Kini Menkes sedang melanjutkan program rehabilitasi medik serta penanggulangan nyeri setelah terapi radiasi yang dijalaninya selesai dilakukan.

Menkes terdeteksi mengidap kanker paru pada Oktober 2010. Sejak saat itu, Menkes telah menjalani pengobatan baik di dalam maupun di luar negeri (China) selama lebih kurang 1,5 tahun.

Pengobatan tersebut antara lain radiasi lokal dan bedah beku, tujuannya untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selama kurun waktu pengobatan tersebut beliau menjalankan tugas tanpa kendala.

Setelah menjalani pengobatan tersebut, kondisi Menkes cukup baik dan sempat tidak ada keluhan. Namun lebih kurang tiga minggu yang lalu, Menkes merasakan keluhan nyeri di tubuh sehingga dilakukan pemeriksaan lebih intensif di RSCM.




(ir/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar