Jumat, 30 September 2011

Perempuan Lebih Bahagia Ketika Olahraganya Tidak Berlebihan

Your browser does not support iframes.




foto: Thinkstock
University Park, Pennsylvania, Perempuan moderen seringkali bermasalah dengan kesehatan karena terlalu sibuk dan jarang olahraga. Sebaliknya, olahraga yang terlalu berat justru membuat perempuan kurang bahagia. Olahraga yang ringan-ringan saja lebih dianjurkan.

Menurut penelitian di Pennsylvania State University, olahraga dengan intensitas ringan atau sedang 2 kali lebih membuat permepuan bahagia dibandingkan olahraga berat. Ukuran kebahagiaan dilihat dari mood atau suasana hati yang stabil dan tidak mudah stres.

"Olahraga membuat Anda merasa lebih baik, tetapi akan lebih baik lagi jika dilakukan dengan intensitas sedang, tidak bikin ngos-ngosan dan masih bisa bicara sambil olahraga," ungkap Steriani Elavsky yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (30/9/2011).

Elavsky membuktikan hal itu setelah melakukan pengamatan terhadap 255 perempuan paruh baya, berusia antara 40-60 tahun. Perempuan paruh baya dijadikan obyek penelitian karena kelompok yang rata-rata sedang sibuk memikirkan karir ini relatif paling jarang berolahraga.

Dalam eksperimen tersebut, seluruh partisipan berolahraga secara rutin selama 2 pekan dan dipasangi accelerometer untuk mengukur intensitasnya. Sebagian diminta berolahraga sekuat mungkin, sedangkan sisanya hanya boleh berolahraga ringan di atas treadmill.

Di akhir pengamatan, para peneliti melakukan tes untuk mengetahui kondisi emosional para partisipan. Setelah hasilnya dibandingkan, partisipan yang hanya beraktivitas ringan dengan treadmill 2 kali lebih bahagia dibanding yang olahraganya lebih berat.

Dalam kesimpulannya, Elavsky mengatakan bahwa olahraga yang terlalu berat kurang memberikan manfaat bagi kesehatan jiwa, dalam arti tidak terlalu meredakan stres. Selain itu, olahraga ringan juga lebih bagus untuk jantung, khususnya bagi yang sebelumnya jarang berolahraga.

Selain memakai treadmill, olahraga ringan juga bisa dilakukan dengan berjalan-jalan santai di taman, lari pagi atau bersepeda dan juga latihan aerobik. Olahraga permaianan seperti baseball, volley dan tenis-ganda juga bisa dikategorikan olahraga ringan.



(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar