Senin, 22 Agustus 2011

Radang Gusi Bisa Dilawan dengan Makanan Ini

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Radang gusi membuat gusi bengkak, lembek dan berdarah yang jika dibiarkan akan membuat selaput periodontal yang mengangga gigi keropos dan lalu gigi menjadi patah. Selain melakukan perawatan mulut dan gigi dengan baik, radang gusi ini bisa disembuhkan dengan makanan-makanan ini.

Penelitian baru menunjukkan makan makanan asam lemak tak jenuh ganda dapat mengurangi risiko penyakit periodontal.

Makanan kaya asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mencegah penyakit gusi dan penyakit jaringan periodontal adalah salmon, kacang-kacangan, pasta gandum utuh, telur dan alpukat.

Para peneliti menemukan bahwa sebanyak 30% orang yang melakukan makan makanan asam lemak tak jenuh ganda cenderung memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit gusi dibandingkan dengan orang-orang yang makan sedikit lemak ini atau tidak makan lemak sama sekali.

"Kami menemukan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak n-3, terutama asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) mengalami risiko lebih rendah terkena penyakit gusi dan penyakit jaringan periodontal pada penduduk AS," kata peneliti Asghar Z. Naqvi, MPH, MNS, dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston seperti dikutip dari WebMD, Senin (22/8/2011),

"Jika terapi diet ini efektif, mungkin akan menjadi metode yang lebih murah dan lebih aman untuk pencegahan dan pengobatan penyakit gusi dan periodontal," kata Naqvi.

Pengobatan penyakit gusi dan periodontal untuk saat ini hanya terfokus pada pembersihan plak dan karang gigi secara mekanik dan aplikasi antibiotik lokal.

Para peneliti mengatakan lemak tak jenuh ganda telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kondisi peradangan seperti penyakit jantung. Lemak tak jenuh ganda juga mungkin memainkan peran dalam memerangi peradangan yang menyebabkan penyakit gusi.

Ketika terjadi inflamasi atau peradangan kronis di gusi dan jaringan periodontal dapat diatasi dengan asam lemak n-3. "Asam lemak n-3 mungkin dapat memiliki manfaat tambahan untuk mencegah penyakit kronis lainnya yang berhubungan dengan peradangan, termasuk stroke juga," kata Naqvi.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association. Peneliti membandingkan asupan asam lemak dan risiko penyakit gusi pada 9.182 orang dewasa yang berpartisipasi dalam survey nasional kesehatan dan nutrisi pada tahun 1999-2004.



(ir/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar