Selasa, 23 Agustus 2011

Puskesmas Ciranjang 'Spesial' Tangani Korban Kecelakaan

Your browser does not support iframes.



Presiden SBY di Puskesmas CiranjangCianjur, Berada di jalur jalan raya antar kota yang padat, menjadikan Puskesmas Ciranjang kebanjiran korban kecelakaan lalu lintas. Agar bisa melayani pasien lebih baik, puskesmas ini meminta fasilitas rontgen.

Permintaan ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ciranjang, dr. Elfira Firdaus, kepada Presiden SBY di Puskesmas Ciranjang, Jl Raya Ciranjang, Cianjur, Selasa (23/8/2011).

"Tiap bulan rata-rata kami terima 40 pasien korban kecelakaan lalu lintas," ujar dr. Elfira Firdaus.

Biasanya korban kecelakaan lalu lintas yang tergolong berat segera dirujuk ke RSUD. Namun demi cepatnya pelayanan, puskesmas ini membutuhkan peralatan sinar X yang memadai.

"Beberapa tahun ini pasien stroke juga bertambah banyak. Sebaiknya ada fasilitas fisioterapi sehingga warga sekitar yang terserang stroke bisa berobat di sini," sambung dr. Elfira.

Presiden SBY memahami peralatan yang dibutuhkan itu. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mempertimbangkan untuk pengadaan peralatan fisioterapi, foto rontgen dan mobil ambulans tambahan untuk Puskemas Ciranjang.
 
Sebelum meninggalkan lokasi, Presiden SBY dan Ny. Ani Yudhoyono menjenguk para pasien rawat inap. Terutama pasien anak-anak, melahirkan dan katarak yang sedang rawat jalan.

Meski statusnya hanya Puskesmas, tapi fasilitas yang ada di Puskesmas Ciranjang, Cianjur tak ubahnya seperti rumah sakit. Berdiri di lahan seluas 1 hektar, puskesmas tersebut memiliki UGD, kamar operasi bedah dan ruang rawat inap yang luas.

 



(lh/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar