Kamis, 18 Agustus 2011

Kurangi Risiko Jatuh untuk Persiapan Hari Tua yang Sehat

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Menjadi tua adalah pasti. Penyakit kronis atau penyakit degeneratif bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Agar saat tua tak menjadi pesakitan, lakukan tindakan-tindakan berikut yang salahnya kurangi risiko jatuh atau kecelakaan di saat muda.

Saat muda kebanyakan orang hanya menghabiskan waktu dan tidak melakukan usaha untuk memperoleh masa tua yang sehat. Masa tua yang sehat dapat direncanakan sedini mungkin dan ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh masa tua yang sehat.

Seperti dilansir MayoClinic, Kamis (18/8/2011), mulailah dengan mempelajari apa saja yang akan terjadi saat tua. Perubahan-perubahan yang dapat terjadi ketika tua antara lain perubahan massa otot, dorongan seksual, penglihatan dan pendengaran yang berkurang serta menurunnya kesehatan jantung.

Agar tidak menjadi pesakitan di saat tua perlu mempertimbangkan cara-cara untuk mempertahankan yang dapat dilakukan sejak muda.
Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk persiapan hari tua antara lain:


  1. Mengurangi risiko jatuh, efek jatuh di saat muda biasanya baru dirasakan saat tua. Sering terjadi tulang bermasalah baru ketahuan saat tua.
  2. Mengurangi risiko kecelakaan dengan meningkatkan keamanan saat berkendara. Kecelakaan saat muda efeknya bisa terasa sampai tua.
  3. Memulai pola makan sehat
  4. Menjaga daya ingat dengan rajin membaca dan mengeluarkan ide.

Kunci untuk masa tua yang sehat adalah gaya hidup sehat. Makan berbagai makanan sehat, berlatih mengontrol porsi makan, mengatur aktivitas fisik dalam rutinitas harian dapat dilakukan untuk mendapatkan proses penuaan yang sehat. Mulailah gaya hidup sehat sedini mungkin, bukan menjelang usia senja baru memulai gaya hidup sehat.

Aspek penting lainnya untuk memperoleh masa tua yang sehat adalah perawatan kesehatan jangka panjang. Pertimbangkan pilihan perawatan sedini mungkin, termasuk jenis perawatan jangka panjang, serta bagaimana untuk membayar perawatan tersebut. Hal ini dapat membantu untuk mencegah keputusan yang tergesa-gesa dikemudian hari.

Untuk lansia yang sudah tidak dapat merawat diri sendiri, perawatan berkelanjutan biasanya dapat diperoleh di rumah. Jenis layanan perawatan di rumah yang tepat bagi manula yang sudah tidak dapat merawat diri, dapat menjamin kualitas hidup yang terbaik.




(ir/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar