Selasa, 23 Agustus 2011

Ipilimumab Bisa Memperpanjang Usia Pasien Kanker Kulit

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Kanker kulit merupakan salah satu bentuk kanker yang berbahaya. Tapi kini telah ditemukan obat ipilimumab bisa membuat pasien kanker kulit bertahan dan bahkan memperpanjang harapan hidupnya.

Dokter mengungkapkan penemuan ini merupakan kemajuan pertama yang nyata dalam pengobatan kanker kulit melanoma sejak tahun 1970an. Hasil studi mendapatkan obat ini bisa meningkatkan rata-rata usia pasien selama 4 bulan apabila kanker sudah menyebar ke organ lain. Tapi beberapa diantaranya masih bisa bertahan selama 4 tahun setelah pengobatan.

Obat yang bernama ipilimumab ini telah diujicobakan pada pasien kanker kulit di Inggris. Diketahui setiap tahunnya ada 2.000 pasien kanker kulit di Inggris yang kebanyakan berusia 20-30an tahun.

"Ipilimumab ini merupakan kemajuan yang nyata dalam pengobatan melanoma tingkat lanjut yang digunakan untuk memperpanjang harapan hidup dari pasien," ujar Dr Paul Lorigan, dosen senior di Medical Oncology at the Christie NHS Foundation Trust, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (23/8/2011).

Dr Lorigan menuturkan selama bertahun-tahun tidak ada kemajuan yang bisa didapatkan dalam pengobatan penyakit yang mengerikan ini. Tapi Dr Lorigan sangat bersyukur karena akhirnya bisa membuat suatu langkah maju.

Dalam uji coba ini hampir 46 persen pasien melanoma tingkat lanjut masih bisa bertahan hidup selama 1 tahun dibandingkan dengan 25 persen pasien melanoma yang tidak menerima pengobatan. Setelah 2 tahun sekitar 24 persen pasien masih bertahan hidup.

"Obat ini akan mengubah dan merangsang cara kerja dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Hal ini juga sedang diuji untuk kanker paru-paru, prostat dan lainnya," ujar Dr Lorigan.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di jaringan kulit, umumnya karena banyak tersengat terik matahari atau dampak radiasi ultraviolet (UV). Namun dalam banyak kasus, kanker kulit juga muncul di bagian tubuh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Ada 3 jenis kanker kulit yakni karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma.




(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar