Selasa, 21 Juni 2011

'Biji' Membengkak Usai Vasektomi Umumnya Tak Berbahaya

Your browser does not support iframes.



Operasi vasektomi (detikHealth)Jakarta, Karena tergolong operasi minor, vasektomi atau sterilisasi pada pria jarang memicu komplikasi serius. Pada beberapa kasus, buah zakar akan membengkak namun umumnya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Prosedur vasektomi sangat sederhana, bahkan disebut-sebut lebih ringan dibandingkan sunat. Operasi ini hanya melibatkan sayatan kecil di kantong buah zakar serta pemotongan vas deferens atau saluran sperma yang hanya memakan waktu paling lama 10 menit.

Meski sangat jarang, komplikasi ringan berupa pembengkakan buah zakar atau disebut hematoma bisa terjadi karena dokternya kurang terampil menjahit luka lalu terjadi infeksi atau kebocoran pembuluh darah. Bisa juga dipicu faktor pasiennya sendiri, yang tidak telaten merawat luka.

"Tidak seperti anggapan banyak orang, hematoma bukan dipicu oleh banyak gerak setelah operasi vasektomi. Biasanya terjadi karena infeksi," ungkap Kepala Subdirektorat Peningkatan Kesertaan KB Pria BKKBN, Muhammad Bawardadi, saat dihubungi detikHealth, Selasa (21/6/2011).

Hematoma biasanya terjadi dalam beberapa jam hingga sepekan setelah menjalani vasektomi dan kebanyakan tidak berbahaya. Jika dipicu oleh infeksi, pemberian antibiotik dan antiradang sesuai petunjuk dokter bisa meredakan komplikasi tersebut dalam waktu kurang dari sepekan.

Kadang-kadang, dokter tidak meresepkan obat apapun jika pembengkakan itu tidak disertai infeksi. Jika tidak ada infeksi, buah zakar yang membengkak biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari asal lukanya dirawat dengan baik dan selalu ditutup dengan plester.

Intervensi baru dibutuhkan jika bengkak tidak hilang hingga sebulan dan disertai rasa nyeri. Bengkak yang disertai nyeri dipicu oleh kebocoran pembuluh darah di bawah kulit, sehingga cairan darah yang menumpuk harus dikeluarkan dengan membuka kembali jahitan bekas operasi vasektomi.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hematoma setelah menjalani operasi vasektomi antara lain sebagai berikut seperti disampaikan Om Dadi, sapaan akrab Bawardadi.


  1. Istirahat, dalam arti batasi aktivitas fisik agar jangan berlebihan dalam 1-2 hari setelah operasi
  2. Jaga luka bekas operasi agar tidak basah apalagi kotor. Pasang plester jika diperlukan
  3. Minum obat yang diberikan sesuai petunjuk
  4. Datang ke klinik 1 minggu kemudian untuk kontrol.
 


(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar