Rabu, 30 Maret 2011

Saat Tubuh Mulai 'Rewel'

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Seiring bertambahnya usia maka tubuh pun mengalami beberapa perubahan tidak lagi gagah tapi sering muncul keluhan alias mulai rewel. Keluhan yang muncul hampir dari seluruh organ dan indra tubuh.

Tubuh manusia adalah organisme yang kompleks dengan segala hal yang harus seimbang dan jutaan reaksi kimia kompleks yang berfungsi mendukung kehidupan serta pertumbuhan.

Perubahan yang terjadi di dalam tubuh bisa menentukan berapa lama seseorang hidup, kecenderungan terhadap penyakit tertentu saat usia semakin bertambah dan seberapa sehat tubuh seseorang pada usia tertentu.

Seiring bertambahnya usia seseorang maka ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh manusia, seperti dikutip dari abouthumangrowthhormone.com, Rabu (30/3/2011) yaitu:

Memori dan kognitif
Pada usia 50 atau 60 tahun terjadi perubahan kecil dalam fungsi intelektual yang mulai terlihat. Fungsi intelektual yang melibatkan kemampuan kompleks seperti penalaran abstrak atau memecahkan masalah menjadi hal yang sulit karena kecepatan neuron mengirimkan informasi akan melambat. Hal ini berarti pengolahan informasi menjadi kurang efisien dari waktu ke waktu.

Rangka tulang dan otot
Kekuatan dan puncak massa otot mulai terjadi antara usia 20-30 tahun dan kemudian secara bertahap mulai menurun. Proses penurunan ini bisa dipercepat oleh gaya hidup yang tidak aktif. Pada usia 40 tahun ukuran pinggang mulai meningkat karena otot berubah menjadi lemak dan usia 60 tahun mulai mengalami penyusutan akibat adanya kompresi vertebral.

Jantung, paru-paru dan saluran cerna
Terjadi penurunan secara bertahap dalam hal kapasitas paru-paru dan jantung seiring bertambahnya usia setelah melewati 30 tahun, karenanya risiko jantung dan stroke akan meningkat seiring bertambahnya usia dan proses ini bisa lebih cepat terjadi pada orang yang memiliki pola hidup tidak sehat.

Selain itu seiring bertambahnya usia pergerakan usus untuk mencerna makanan semakin melambat, jumlah albumin (blood protein) menurun, ginjal dan fungsi hati mulai menurun sehingga obat-obatan lebih sulit dibersihkan pada orang tua yang membuat reaksi toksik atau efek samping obat lebih umum terjadi.

Kulit dan rambut
Perubahan yang terjadi pada kulit adalah mulai berkerut akibat hilangnya lapisan lemak subkutan dan melemahnya struktur kolagen yang mendasarinya. Sedangkan untuk rambut akan menjadi lebih tipis.

Penglihatan dan pendengaran
Sekitar usia 40 tahun mata akan mulai mengalami kehilangan kemampuan untuk mengakomodasi atau membentuk kembali lensa yang membantu seseorang tetap fokus pada objek di dekatnya. Hal ini karena lensa mata akan fleksibel saat lahir, tapi makin lama mulai mengeras dan tumbuh kuning dari waktu ke waktu.

Kehilangan fleksibilitas ini bisa berkontribusi pada kondisi presbiopia dan membutuhkan bantuan kacamata. Sedangkan pada usia 30 tahun umumnya fungsi pendengaran mulai terpengaruh, terutama dalam hal kemampuan membedakan suara.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar