Minggu, 30 Januari 2011

Presiden Hosni Mubarak dan Kanker Ganasnya

Your browser does not support iframes.



Hosni Mubarak (dok.enduringamerica)Jakarta, Sejak terdeteksi kanker pankreas stadium akhir pada Juli 2010, Presiden Mesir Hosni Mubarak diperkirakan hanya bisa bertahan hidup dalam waktu satu tahun, sebelum pemilihan presiden Mesir pada September 2011. Kanker pankreas adalah salah kanker ganas yang gejalanya mirip penyakit maag.

Kanker pankreas merupakan kanker yang susah disembuhkan karena dianggap penyakit yang tertidur dan susah dideteksi pada stadium awal. Kebanyakan pasien yang terdeteksi kanker pankreas biasanya terdeteksi setelah stadium lanjut ketika merasakan nyeri perut seperti maag.

Seorang intelijen Central European mengatakan kepada The Washington Times bahwa presiden Mesir yang telah menjabat selama hampir 30 tahun ini mungkin hanya akan bertahan hidup dalam waktu satu tahun, sebelum pemilihan presiden Mesir pada September 2011.

Pada Juli 2010, presiden Mubarak sempat dilaporkan kritis dan dirawat disebuah rumah sakit di Prancis. Sebelum terdeteksi kanker pankreas, Mubarak telah melakukan operasi kantong empedu di Jerman pada Maret 2010.

"Ketika saya masih di Kairo pada bulan Mei, berita ini sangat menarik. Orang-orang disana menjadi melankolis dengan penyakit Mubarak. Semua orang berkata waktunya sudah dekat, diperkirakan hanya 12 sampai 18 bulan (sejak bulan Juli)," jelas Steven Cook, spesialias Egyptian-affairs di Council on Foreign Relations, kepada The Washington Times seperti dikutip Senin (31/1/2011).

Meski tubuhnya dirongrong penyakit ganas, penampilan Mubarak tetap terlihat prima di usianya ke 82 tahun. Mubarak juga tidak berniat mundur dari jabatannya sebagai presiden Mesir meski sudah dinyatakan mengalami penyakit parah.

Apa penyebab dan gejala kanker pankreas?


Karsinoma pankreas adalah kanker pankreas. Kanker pankreas cenderung lebih banyak dialami pria daripada wanita. Risiko meningkat seiring bertambahnya usia seorang pria.

Penyebab kanker ini tidak diketahui, tetapi lebih sering terjadi pada perokok dan pada orang yang mengalami obesitas. Hampir sepertiga dari kasus kanker pankreas akibat merokok.

Para pakar kesehatan hingga kini masih memperdebatkan apakah diabetes tipe 2 merupakan faktor risiko untuk kanker pankreas. Fakta lain, sejumlah kecil kasus kanker pankreas berkaitan dengan sindrom yang diturunkan melalui keluarga.

Gejala kanker pankreas seperti dilansir mayo clinic adalah sebagai berikut:
  1. Sakit perut
  2. Sakit punggung
  3. Depresi
  4. Diare
  5. Kelelahan
  6. Penyakit kuning
  7. Kehilangan nafsu makan
  8. Mual dan muntah
  9. Pucat
  10. Kelemahan
  11. Berat badan menurun

Pada saat diagnosis, hanya sekitar 20 persen dari tumor pankreas dapat dihilangkan dengan pembedahan. Operasi ini harus dilakukan di rumah sakit yang telah berpengalaman melakukan operasi jenis tersebut.

Rumah sakit yang sudah berhasil melakukan operasi kanker pankreas sebanyak 9 kali operasi per tahun dianggap sebagai rumah sakit yang mumpuni untuk mengobati kanker pankreas.

Pengobatan yang dilakukan setelah operasi umumnya adalah kombinasi terapi radiasi dan kemoterapi.    
(mer/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar