Selasa, 18 Januari 2011

Gejala Asma Memburuk Saat Menstruasi

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Jakarta, Perempuan yang memiliki asma kadang merasa gejala asmanya memburuk ketika menstruasi. Kondisi ini ternyata dipicu oleh adanya fluktuasi hormon di dalam tubuh.

Jika seseorang berpikir asmanya memburuk saat menstruasi maka itu bukanlah imajinasi belaka. Tampaknya hormon memainkan peran penting yang membuat asmanya memburuk selama menstruasi.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2010 menunjukkan hubungan yang lebih konsisten antara siklus menstruasi perempuan dengan tanda-tanda asma.

Hasil penelitian menunjukkan pada 3 hari sebelum dan sesudah menstruasi didapatkan methacholine challenge yang positif, hal ini terkait dengan peningkatan iritasi otot-otot di paru-paru yang mungkin membuat kondisi asma memburuk.

Selain itu selama siklus menstruasi hormon perempuan yaitu progesteron dan estradiol menurun cepat. Penurunan hormon ini yang mungkin terkait dengan memburuknya kondisi asma melalui berbagai proses peradangan yang diperlukan untuk memulai menstruasi.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, Senin (17/1/2011) perubahan hormon lainnya juga bisa mempengaruhi atau memperburuk gejala asma yaitu:

  1. Menstruasi yang tidak teratur, perempuan dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur cenderung lebih memungkinkan memiliki gejala asma yang memburuk dan melebihi batas normal.
  2. Menopause, saat menopause tingkat hormon akan menurun yang membuat gejala asma yang muncul semakin memburuk bagi beberapa perempuan.
  3. Terapi penggatian hormon, jika seseorang melakukan terapi penggantian hormon progesteron dan estrogen, maka bisa berpengaruh terhadap gejaa asma yang muncul.

Jika asma semakin memburuk disekitar waktu menstruasi, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mencari pilihan pengobatan sehingga asma bisa terkontrol dengan baik.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar