Selasa, 18 Januari 2011

Kapsul Asam Lemak yang Bisa Redakan Sindrom Pra Menstruasi

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)Pernambuco, Premenstrual Syndrome (PMS) atau sindrom pra menstruasi sering menjadi masalah setiap bulannya bagi perempuan. Penelitian terbaru menemukan kapsul mengandung asam lemak yang efektif meredakan gejala PMS.

Sebelum memasuki masa menstruasi, perempuan biasanya sering merasa kram perut, perubahan suasana hati, gampang marah, kembung dan mual. Hal tersebut sebenarnya wajar, namun seringkali menimbulkan masalah bagi perempuan atau orang-orang yang ada disekitarnya.

Tapi peneliti dari Federal University of Pernambuco, Brasil, berhasil menemukan kapsul yang berisi campuran minyak esensial yang telah terbukti secara signifikan dapat mengurangi gejala Premenstrual Syndrome (PMS).

"Pemberian 1 atau 2 gram asam lemak esensial untuk perempuan yang mengalami PMS dapat menyebabkan penurunan gejala PMS yang signifikan. Selain itu, suplemen ini tidak menimbulkan perubahan kolesterol total pada pasien yang dievaluasi," jelas Edilberto Rocha Filho, anggota tim peneliti, seperti dilansir Health24, Selasa (18/1/2011).

Menurut Filho, perempuan yang diberi kapsul mengandung 2 g asam gamma linolenat, asam oleat, asam linoleat, serta asam polyunsaturated lain dan vitamin E, secara signifikan mengalami penuruan gejala PMS pada bulan 3 dan 6 setelah mulai pengobatan.

"Hanya ada beberapa kejadian buruk dicatat yang termasuk ringan, tidak signifikan dan tidak tampak secara langsung berhubungan dengan obat," lanjut Filho.

Filho juga mengatakan bahwa dampak dari PMS saat perempuan akan mengalami menstruasi seringkali mengganggu aktivitas rutin dan menurunkan produktivitas, yang akhirnya berdampak pada kualitas hidup dan ekonomi.

"Kapsul dengan minyak esensial ini sekarang dapat dikatakan menjanjikan untuk pengobatan PMS pada perempuan," tutup Filho.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Health telah diujikan secara acak pada 120 perempuan.


(mer/up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar