Jumat, 27 Januari 2012

Untuk Urusan Olahraga, Kaum Muda Kalah Rajin dari Lansia

Your browser does not support iframes.




Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dibandingkan orang tua, kaum muda tentu memiliki tubuh yang lebih bugar dan tenaga yang masih berlimpah. Namun kaum muda kalah rajin untuk olahraga, sebab dalam sepekan para lansia sanggup melakukannya rata-rata 1,5 jam lebih lama.

Orang-orang berusia 55 tahun ke atas sanggup melakukan aktivitas fisik yang bisa dikategorikan olahraga ringan dengan durasi total rata-rata 12 jam dan 6 menit dalam sepekan. Catatan waktu ini mengungguli kaum muda usia 18-25 tahun yang rata-rata cuma 11 jam dan 38 menit.

Jenis aktivitas fisik yang paling digemari para lansia adalah jalan-jalan, yang dipilih oleh 80 persen responden dalam sebuah survei di Inggris. Aktivitas fisik lainnya adalah mengerjakan pekerjaan rumah tangga (37 persen) dan berkebun (60 persen).

Kelompok usia yang lebih juga memilih jalan-jalan sebagai aktivitas fisik menyehatkan yang paling digemari. Kaum muda juga lebih menyukai aktivitas fisik yang lebih menyenangkan daripada olahraga biasa yang membosankan, misalnya dansa atau menari.

Soal gaya hidup, orang-orang lanjut usia kembali menunjukkan contoh yang baik bagi kaum muda. Ketika sebagian besar lansia gemar mengonsumsi sayur dan buah-buahan, kaum muda di usia 20-an tahun paling malas makan sayur dan lebih menyukai makanan cepat saji.

Secara umum, gaya hidup di usia 20-an tahun memang cenderung lebih tidak sehat dibanding usia 30-an tahun atau lebih. Dikutip dari Dailymail, Jumat (27/1/2012), kaum muda usia 20-an tahun lebih banyak mengonsumsi alkohol, kurang memperhatikan keseimbangan nutrisi dan jarang olahraga.

Survei berskala nasional itu memang dilakukan di Inggris, namun secara umum kecenderungan ini berlaku juga di seluruh dunia. Di zaman moderen ini, kaum muda cenderung banyak dimanjakan oleh kemudahan sehingga makin meninggalkan aktivitas fisik dan gaya hidup sehat.


(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar