Sabtu, 28 Januari 2012

Anak-anak yang Dipaksa Diet Ketat Demi Kontes Kecantikan

Your browser does not support iframes.




Adriana dan ibunya (dok. dailymail)
Hot Springs, Arkansas, Untuk mengikuti obsesi ibunya, seorang balita yang baru berusia 4 tahun dan anak usia 8 tahun harus melakukan diet ketat agar dapat memenangkan sebuah kontes kecantikan. Padahal, masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan seorang anak harusnya mendapatkan gizi seimbang.

Adriana (4 tahun) merupakan salah satu kontestan dari Toddlers and Tiaras, kontes kecantikan anak yang ditayangkan stasiun TV TLC, Amerika. Agar dapat menggunakan gaun mewah, membuat juri terkesan dan memenangkan kontes kecantikan tersebut, sang ibu mengharuskannya untuk menjalani diet ketat.

Di usianya yang belum genap 5 tahun, Adriana harus menjalani diet salad dan sejauh ini berat badannya sudah turun 1,8 kg.

"Namun saya kesulitan mencari gaun yang pas untuknya, karena ukurannya masih terlalu kecil. Saya akan melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhannya. Saya akan senang bila dia menang," jelas ibunda Adriana, yang berasal dari dari Hot Springs, Arkansas, seperti dilansir Dailymail, Jumat (27/1/2012).

Tak hanya Adriana, Ever Rose (8 tahun) juga mengalami nasib yang sama. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah, sang ibu membatasi asupan makanannya hanya 1600 kalori per hari. Dengan diet ketat, berat badan Rose sudah berhasil turun 4,5 kg.

"Kamu tidak akan mendapatkan skor tinggi jika gaunnya yang digunakan tidak cocok," jelas ibu Rose.

Namun gadis cilik ini mengaku benar-benar ingin memenangkan kontes kecantikan tersebut. Ia mau berkorban untuk mengurangi makan meski mengaku kadang merasa kelaparan.

"Saya harus memperhatikan apa yang saya makan tetapi kadang-kadang saya merasa lapar," akunya.

Diet biasanya diartikan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan dengan cara membatasi jumlah kalori atau jenis makanan tertentu. Namun anak tidak perlu atau sebaiknya tidak melakukan hal tersebut.

Hal ini karena anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan dan berkembang. Selama waktu itu ia memerlukan berbagai jenis makanan sehat untuk menjaga agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal, seperti dikutip dari Kidshealth.


(mer/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar