Selasa, 31 Januari 2012

Makin Susah Mengatur Keuangan Artinya Mulai Kena Pikun

Your browser does not support iframes.




(Foto: thinkstock)
Jakarta, Penurunan kemampuan dalam mengelola keuangan terdeteksi beberapa tahun sebelum penyakit Alzheimer menyerang. Para peneliti mengatakan bahwa kriteria ini bisa menjadi indikator yang berguna bagi dokter untuk mendeteksi gejala kepikunan.

"Penurunan keterampilan keuangan terdeteksi pada pasien yang memiliki gangguan kognitif ringan setahun sebelum gangguan tersebut memburuk menjadi Alzheimer. Artinya, dokter dan penyedia layanan kesehatan perlu mengawasi pasien gangguan kognitif ringan yang menunjukkan penurunan dalam keterampilan keuangannya. Selain itu, keluarga dan pengasuh sebaiknya segera mengambil langkah untuk menghindari terjadinya dampak negatif terhadap keuangannya," kata peneliti, Profesor Daniel Marson.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa gangguan dengan kegiatan sehari-hari sering mendahului munculnya penyakit Alzheimer. Para peneliti dari University of Alabama di Birmingham mempelajari 87 orang yang mengalami gangguan kognitif ringan.

Sebanyak 25 orang di antaranya memiliki Alzheimer tipe demensia selama penelitian berlangsung, dan 62 orang sisanya yang tidak. Peneliti membandingkannya dengan 76 orang sehat yang tidak memiliki gangguan memori.

Dalam laporan yang dimuat jurnal Neurology, peneliti menggunakan alat yang disebut Financial Capacity Instrument (FCI) untuk mengukur keterampilan peserta penelitian selama satu tahun. FCI melihat keterampilan yang meliputi memahami istilah perbankan, mengelola buku cek, membayar tagihan, mempersiapkan tagihan dan menghitung mata uang.

Peserta penelitian diuji pada awal studi dan setahun kemudian. Skor FCI secara keseluruhan pada 25 orang pasien yang memiliki penyakit Alzheimer menunjukkan penurunan sebesar 6%. Keterampilan mereka dalam mengelola buku cek juga turun sebesar 9%. Sedangkan kelompok kontrol dan 62 orang yang memiliki gangguan kognitif ringan namun tidak berlanjut ke Alzheimer tetap mempertahankan nilai FCI-nya sepanjang tahun.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa jika seseorang sudah mengalami gangguan memori yang signifikan dan mulai mengalami penurunan dalam keterampilan keuangannya, itu bisa jadi tanda-tanda demensia," kata Dr Susanne Sorenson, kepala penelitian di Alzheimer's Society seperti dilansir BBC, Selasa (31/1/2012).


(pah/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar