Selasa, 24 Januari 2012

Tertidur Setelah Bercinta Berdampak Bagus

Your browser does not support iframes.




(Foto: thinkstock)
Jakarta, Bercinta menguras banyak energi, maka tak heran jika banyak pasangan yang jatuh tertidur setelah berhubungan seks. Penelitian membuktikan bahwa tertidur setelah bercinta membuktikan bahwa pasangan sedang jatuh cinta dan tidak hanya mengejar seks semata, namun juga berdampak bagus karena bisa memperkuat komitmen dan kasih sayang.

Menurut sebuah penelitian terbaru oleh psikolog evolusi di University of Michigan dan Albright College di Pennsylvania, kecenderungan untuk jatuh tertidur setelah berhubungan seks berkaitan dengan keinginan pasangan akan rasa kasih sayang yang lebih besar.

"Semakin sering pasangan jatuh tertidur setelah berhubungan seks, semakin kuat komitmen di antara keduanya," kata Daniel Kruger, peneliti dari University of Michigan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Social, Evolutionary and Cultural Psychology ini, meneliti 456 orang yang menyelesaikan survei online untuk menilai pengalaman dan komitmen dengan pasangan setelah berhubungan seks. Peserta kemudian menunjukkan 'siapakah yang tertidur setelah bercinta' dan 'siapa yang tidur paling duluan ketika tidak bercinta'.

Peserta yang pasangannya segera tertidur setelah bercinta memiliki keinginan yang kuat untuk berpelukan dan mengobrol setelah bercinta.

"Jatuh tertidur mendahului pasangannya mungkin adalah cara untuk menutup percakapan setelah berhubungan seks tanpa disadari," kata rekan penulis Susan Hughes, profesor psikologi di Albright College seperti dilansir ScienceDaily, Selasa (24/1/2012).

Penelitian ini juga melihat manakah yang lebih mungkin tertidur lebih dulu, apakah pria atau wanita. Meskipun menurut stereotip, pria lah yang lebih dulu tertidur setelah bercinta, para peneliti tidak menemukan bahwa pria lebih sering jatuh tertidur setelah bercinta. Namun, perempuan lebih mungkin jatuh tertidur ketika seks tidak terjadi.

"Mungkin laki-laki tetap terjaga lebih lama karena ingin menjaga pasangannya, memastikan sang wanita tidak meninggalkannya untuk pria lain. Pria juga mungkin tetap terjaga lebih lama sebagai upaya untuk menarik perhatian pasangannya," kata Hughes.


(pah/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar