Kamis, 29 Desember 2011

Sudah Bercinta Sejak Remaja Bisa Bikin Susah Orgasme

Your browser does not support iframes.




(Foto: thinkstock)
New York City, Orang-orang yang sudah mulai berhubungan seks saat usia belia tampaknya memiliki risiko yang lebih besar terkena gangguan seksual di kemudian hari, seperti disfungsi ereksi, susah orgasme dan penyakit menular seksual.

Menggunakan data survei pada tahun 1996 dengan peserta lebih dari 8.000 orang dewasa di AS, para peneliti menemukan bahwa orang yang mulai berhubungan seks pada usia yang relatif muda lebih mungkin memiliki faktor risiko penyakit menular seksual (PMS) karena memiliki banyak pasangan seksual dan melakukan hubungan seks di bawah pengaruh alkohol.

Di sisi lain, orang yang sejak dini maupun yang terlambat dalam memulai berhubungan seks juga berisiko mengalami gangguan seksual. Gangguan seksual yang paling banyak dialami adalah kesulitan mempertahankan ereksi dan mencapai orgasme.

Namun penelitian ini tidak dapat digunakan untuk menentukan hubungan sebab akibat. Dalam laporan yang dimuat American Journal of Public Health, peneliti tidak menjelaskan mengapa orang yang mulai berhubungan seks lebih dini maupun lebih lambat cenderung rentan mengalami gangguan seksual.

"Menunda aktivitas seksual nampaknya meningkatkan risiko kesehatan dengan cara menghambat perkembangan keterampilan emosional, kognitif, dan interpersonal yang penting untuk fungsi seksual yang memuaskan dan kesejahteraan secara umum," kata Dr. Theo GM Sandfort, peneliti dari Columbia University di New York City, seperti dilansir Reuters, Kamis (29/12/2011).

Rata-rata responden mengatakan bahwa mereka berhubungan seks untuk pertama kalinya pada usia 17 atau 18 tahun.

Dalam penelitian ini, responden yang memiliki pengalaman seksual pertama pada usia rata-rata 14 tahun dianggap terlalu dini dan yang memulainya pada usia 22 tahun dianggap terlalu lambat. Temuan ini menepis beberapa keraguan mengenai manfaat mengenalkan pendidikan seksual di sekolah-sekolah Amerika Serikat.

(mer/mer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar