Kamis, 22 Desember 2011

Rayakan Hari Ibu dengan Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis

Your browser does not support iframes.




Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, perempuan di beberapa daerah di Jakarta bisa merayakan dengan melakukan deteksi dini kanker serviks secara gratis. Ini dia tempat-tempatnya.

Female Cancer Program (FcP FKUI) bersama dengan Inisiatif Pencegahan Kanker Serviks Indonesia (IPKASI), Dinas Kesehatan Prov. DKI, didukung PKK DKI, YKI, POGI Jaya (Perhimpunan Obstetri Ginekologi DKI Jakarta), HOGI (Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia) meluncurkan Bulan Cegah Kanker Serviks (BCKS).

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Bulan Cegah Kanker Serviks ini adalah menyediakan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di 34 titik layanan. Kegiatan ini tidak dipungut biaya atau gratis dan berlangsung mulai tanggal 20 Desember 2011 sampai 15 Januari 2012 dari jam 08.00-12.00.

Berikut daftar puskesmas, klinik YKI dan rumah sakit yang menyediakan layanan IVA gratis:

Jakarta Pusat
PKC Gambir
PKC Johar baru
PKC Senen
PKL Harapan Mulia
PKL Tanah Tinggi
PKL Kemayoran
PKL Serdang
PKL Utan Panjang
PKL Kebon kosong
YKI Pusat
BKIA Bd Kemuliaan Petasan
RS Budi kemuliaan Petojo

Jakarta Timur
PKC Duren Sawit
PkC Jatinegara
PkC Matraman
PKC Pulogadung
PKL Pondok Kelapa
PKL Cipinang muara
PKC Kramat Jati

Jakarta Utara
PKC Koja
PKC Pademangan
PKC Tanjung priok
PKL pademangan Barat 1
YKI DKI Sunter

Jakarta Selatan
PKC Cilandak
PKC Jagakarsa
PKC Setiabudi
YKI Lebak Bulus
RS Budi Kemuliaan Dempo
RS Budi Kemuliaan Guntur

Jakarta Barat
PKC Kembangan
PKC Cengkareng
RS Budi Kemuliaan Grogol
RS Budi Kemuliaan Pekojan

*PKC = Puskesmas Kecamatan
*PKL = Puskesmas Kelurahan

"Diharapkan sampai 15 Januari nanti paling tidak ada 6.000 perempuan yang mendapatkan IVA test," ujar dr Ariani Murti, sekretaris dinas kesehatan DKI Jakarta, dalam acara Peluncuran Program Bulan Cegah kanker Serviks di Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Kamis (22/12/2011).

dr Ariani menuturkan dengan adanya IVA Test diharapkan apa yang ditakutkan tidak terjadi. Kalaupun diketahui memiliki pra kanker bisa langsung diobati di tempat itu dengan pengobatan seperti cryo atau mendapatkan rujukan.

Kanker serviks merupakan kanker yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus atau HPV. Virus ini bermacam-macam tipe, tetapi yang mempunyai potensi menimbulkan kanker serviks adalah sekitar 20 tipe dan diantara yang tersering dan berisiko tinggi adalah tipe 16 dan 18 (80 persen penyebab kanker serviks).

Pemeriksaan IVA dengan cara mengoleskan leher rahim lalu dipulas dengan asam asetat 3,5 persen, ditunggu selama 1 menit. Lalu dilihat dengan mata telanjang jika tidak ada perubahan warna atau tidak muncul warna putih, maka hasilnya negatif.
(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar