Jumat, 30 Desember 2011

Bakteri yang Menyerang Ibu Ani Yudhoyono

Your browser does not support iframes.




Ani SBY (dok: detiknews)
Jakarta, Ibu Negara Kristiani Herawati Yudhoyono atau dikenal dengan Ani Yudhoyono sudah tiga malam menginap di Ruang Rawat Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto lantaran terserang tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pencernaan.

"Ibu negara dirawat dengan diagnosa demam tifoid," kata Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Brigjen Aris Wibudi kepada pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat baru-baru ini, seperti ditulis Jumat (30/12/2011).

Awalnya dr Aris tidak mau menjelaskan apa itu demam tifoid berikut nama awam penyakit itu. "Ya orang awam juga pasti tahu demam tifoid," elak dokter humoris ini sambil tersenyum.

Namun, setelah dihujani pertanyaan oleh wartawan, dr Aris akhirnya menjelaskan nama awam penyakit itu. "Tahu penyakit tifus? Iya itu," kata dr Aris yang sedikit memuaskan wartawan.

Namun namanya wartawan, pertanyaan tidak cukup di situ. Saat ditemui wartawan di lobi ruang VVIP, tempat Bu Ani dirawat, dokter bintang satu itu kembali irit bicara.

Berarti kalau tifus penyebabnya makanan ya dok? "Nanti saya jelasin nggak ngerti lagi," canda dr Aris menduga tidak ada wartawan yang berlatar belakang ilmu kedokteran.

Makanya jelasin dong dok? "Baca dulu, di wikipedia juga ada. Abis itu baru diskusi," kata dr Aris kembali sambil bercanda.

Penelusuran detikcom dari berbagai sumber, demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Bakteri ini diketahui menyerang bagian saluran pencernaan. Penyakit infeksi akut itu selalu ada di masyarakat (endemik) di Indonesia, yang menyerang mulai dari usia balita, anak-anak dan dewasa.

Saat bersiap menyambut kedatangan istri Wapres, Herawati Boediono, di RSPAD Gatot Soebroto hari ini, dr Aris membenarkan penjelasan tersebut.

"Disebabkan oleh bakteri yang disebarluaskan melalui tinja," jelas dr Aris.

Soal Bu Ani yang terserang bakteri ini, Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan, hal itu adalah persoalan biasa.

"Ibu Ani kan manusia biasa, tidak kebal terhadap virus bakteria, jadi ini hal biasa-biasa saja," ujar Dipo saat jumpa wartawan kemarin.

Informasi yang beredar, Ibu Ani akan pulang pada hari ini dari RSPAD. Namun hingga kini belum ada penjelasan lanjutan dari dr Aris yang bisa memuaskan rasa penasaran para wartawan soal bakteri yang menyerang Ibu Ani itu.

Rasa penasaran itu wajar muncul. Sebab, jika Ibu Negara bisa terserang tifus, bagaimana dengan orang-orang miskin yang hidup di bantaran kali, yang jelas jauh dari sanitasi yang baik. Semoga lekas sembuh Ibu Ani dan kembali mendampingi presiden bekerja menyehatkan negeri.

(lrn/up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar