Kamis, 29 Desember 2011

Pelihara Kucing Sejak Kecil Bisa Mencegah Alergi

Your browser does not support iframes.




Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Banyak orang yang senang memelihara hewan, namun memiliki alergi terhadap hewan peliharaannya. Penelitian menemukan bahwa memelihara kucing sejak anak-anak dapat melindungi diri dari alergi di kemudian hari. Sayangnya, memeliharanya ketika dewasa justru hampir menggandakan kemungkinan terkena alergi.

Dalam penelitian ini, peneliti mensurvei lebih dari 6.000 orang dewasa di Eropa selama dua kali dalam sembilan tahun dan mengambil sampel darahnya. Tak satu pun dari peserta penelitian yang memiliki antibodi terhadap kucing dalam darahnya yang berarti mereka tidak sensitif terhadap bulu hewan dan tidak memiliki alergi terhadap hewan.

Sensitivitas juga dapat diukur dalam tes tusuk kulit untuk mengetahui pertanda alergi. Sekitar 3 persen orang yang tidak memelihara kucing ketika disurvei kemudian menjadi sensitif selama penelitian, dibandingkan dengan 5 persen dari peserta penelitian yang telah memelihara kucing selama sembilan tahun.

Dalam penelitian yang dimuat Journal of Allergy and Clinical Immunology, 4 dari 10 orang yang kemudian menjadi sensitif juga mengaku mengalami gejala alergi hewan. Perubahan tersebut terlihat empat kali lipat pada orang-orang yang tidak memiliki antibodi terhadap kucing.

Temuan Dr Mario Olivieri dari Rumah Sakit Universitas Verona di Italia dan rekan ini menegaskan bahwa orang yang memelihara kucing di masa kecilnya memiliki risiko jauh lebih kecil menjadi sensitif terhadap bulu-bulu kucing daripada orang yang baru memelihara kucing ketika dewasa.

"Kami pikir bahwa memelihara kucing sejak usia dini dapat melindungi terjadinya alergi terhadap kucing, tapi penelitian ini nampaknya mengindikasikan bahwa perlindungan ini membentang sampai dewasa," kata Dr Andy Nish dari Pusat Perawatan Alergi dan Asma di Gainesville, Georgia.

Temuan ini juga menjelaskan bahwa hanya orang yang membiarkan hewan peliharaan masuk ke kamar tidurnya yang kemudian menjadi sensitif. Maka, untuk orang yang memelihara kucing dan telah mengalami alergi, sebaiknya hewan peliharaan dibuatkan rumah baru.

"Orang dewasa yang mengidap asma atau alergi harus berpikir dua kali jika ingin memelihara kucing. Terutama jika membiarkannya masuk ke kamar," kata Dr Nish seperti dilansir Newsmaxhealth.com, kamis (29/12/2011).


(up/up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar