Selasa, 31 Mei 2011

Sarapan Sehat ala Farah Quinn

Your browser does not support iframes.



Farah Quinn (detikHealth)Jakarta, Sarapan adalah waktu makan yang penting karena mengawali hari Anda untuk beraktivitas seharian. Koki cantik Farah Quinn pun punya tips dan trik untuk menyiapkan sarapan yang sehat.

"Nggak sarapan atau nggak makan malam adalah salah banget. Tubuh kita kan butuh metabolisme, jadi jangan diperlambat dengan tidak makan," jelas Farah Quinn dalam acara Bebas Kolesterol Bersama detikHealth di PT Berca Schnidler Lifts Gedung Menara Rajawali, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2011).

Menurut Farah alasan tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan juga tidak benar, karena sebenarnya sarapan adalah waktu paling panjang untuk menyiapkan makan.

"Aku walaupun jadwal padat dan sibuk banget, tapi aku menyiapkan sendiri makan untuk keluarga," jelas Farah Quinn.

Salah satu contoh menu sarapan yang mudah dan sehat ala Farah Quinn adalah sandwich isi tahu, yang hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyiapkannya.

"Sandwich itu praktis bisa dimakan di mana saja. Isinya juga bisa apa saja. Tapi pilih roti gandum jangan roti putih, karena gandum karbohidratnya kompleks, jadi nggak bikin cepat ngantuk, cepat lapar, cepat capek dan karbo sederhana kalau nggak dibakar akan jadi lemak. Roti gandum vitaminnya juga banyak," lanjut ibu dari satu putra ini.

Farah Quinn juga mengatakan bahwa ia sering sarapan putih telur yang tidak mengandung kolesterol dan lemak.

"Saya sarapan putih telur yang nggak ada lemak nggak ada kolesterol. Semua ada di kuning telur makanya rasanya enak," jelas Farah sambil tertawa kecil.

Farah juga menyarankan agar tidak melulu makan nasi goreng saat sarapan.

"Sarapan itu sangat penting, bebas menunya apa, asal lebih banyak protein, makan ikan pun nggak apa-apa. Benar-benar harus diperhatikan. Jangan makan nasi goreng, itu sudah ada minyaknya kolesterol lagi. Oatmeal pilihan yang tepat. Oatmeal bukan hanya bubur saja lho, aku juga nggak suka bubur oatmeal. Oatmeal bisa dibikin pancake dan roti," jelas Farah.

Prinsipnya menurut Farah, hindari bahan makanan yang putih seperti beras putih, roti putih dan gula putih.

"Ganti kebiasaan makan beras putih dengan umbi-umbian atau beras merah, lalu ganti roti putih dengan roti gandum, ganti gula putih dengan gula semut atau gula jawa," ujar Farah.

Menurutnya, usahakan makanan yang mengandung protein dan serat. "Biasaya kalau yang serat 0 protein 0 itu tinggi gula dan karbo," tutur Farah.

"Penting untuk memperhatikan komposisi dan nutrisi makanan. Kalau mau stamina full dari siang sampai malam, piilih karbohidrat yang kompleks. Aku walaupun seharian kerja nggak ngerasa cepat capek karena makan karbohidrat kompleks," tegas Farah.

Buatlah sebanyak mungkin makanan yang sehat, makan yang organik.

"Kita pengin kualitas hidup kita yang baik. Saya sedih orang di Indonesia gampang sakit. Itu sebenarnya dari kebiasaan hidup kita sendiri. Tujuan kita sehat kan agar hidup kita berkualitas. Memang makanan yang sehat harganya lebih mahal, tp daripada kita keluarin uang buat ke dokter, lebih baik kita invest untuk makanan sehat," tutup Farah.

(mer/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar