Selasa, 24 Mei 2011

Obat Pereda Nyeri Bisa Atasi Ejakulasi Dini

Your browser does not support iframes.



(Foto: thinkstock)London, Masalah ejakulasi dini bisa diatasi dengan obat-obatan. Pilihan obatnya kini makin beragam, uji coba di Eropa menunjukkan salah satu obat pereda nyeri mampu mengatasi masalah seksual yang banyak menyerang pria dewasa.

Sebuah obat baru dengan merek dagang Zertane baru-baru ini lolos uji klinis di Eropa untuk mengatasi ejakulasi dini. Obat yang diproduksi Ampio Pharmaceuticals tersebut tidak perlu dikonsumsi secara rutin, cukup diminum sesekali ketika akan berhubungan seks.

Dari sisi formulasi, obat ini sebenarnya tidak benar-benar baru. Zat aktif yang terkandung di dalamnya adalah Tramadol HCl, senyawa opioid yang selama ini banyak dipakai dalam berbagai obat pereda nyeri dengan intensitas sedang hingga berat.

Sebagai obat antinyeri, Tramadol HCl sudah banyak digunakan di dunia farmasi dan kedokteran sejak tahun 1990-an. Sama seperti narkotika, obat ini bekerja secara sentral di susunan saraf pusat di otak dalam menghambat proses terbentuknya rasa nyeri.

Ampio Pharmaceutical sendiri merupakan perusahaan farmasi yang mengkhususkan diri dalam reposisi obat. Sebelumnya, perusahaan ini juga beberapa kali meneliti obat-obat lama yang sudah mendapatkan izin edar agar mendapat izin baru untuk indikasi yang berbeda.

Dengan suksesnya uji klinis pada pria yang bermasalah dengan ejakulasi dini, Ampio berharap obat ini bakan mendapat izin edar di Eropa dalam waktu dekat. Meski begitu, perusahaan asal Denver ini justru tidak berminat untuk memasarkannya di Amerika.

Sementara itu, ejakulasi dini termasuk problem seksual paling banyak dialami oleh pria dewasa di usia produktif. Dikutip dari Reuters, Rabu (25/5/2011), ejakulasi dini diderita oleh sekitar 23 persen pria di seluruh dunia dengan rentang usia antara 18-79 tahun.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar