Rabu, 23 Februari 2011

Salep untuk Nyeri Dada Bisa Memperkuat Tulang

Your browser does not support iframes.



foto: ThinkstockJakarta, Senyawa nitrogliserin dalam salep untuk mengobati nyeri dada ternyata punya manfaat lain. Pada penderita pengeroposan tulang atau osteoporosis, senyawa ini bisa memperbaiki kepadatan tulang dan mengurangi risiko tulang retak atau patah.

Salep nitrogliserin merupakan vasodilator atau obat yang melebarkan pembuluh darah. Selain untuk mengatasi nyeri dada, obat ini dipakai juga untuk mengurangi risiko kematian pada berbagai kelainan jantung termasuk gagal jantung kronis.

Dalam sebuah penelitian di University of Toronto, para ahli kesehatan wanita menemukan bahwa penggunaan salep nitrogliserin dapat mempengaruhi kepadatan tulang. Bagi sel-sel tulang, senyawa nitrogliserin bisa membantu penyerapan mineral sehingga tulang menjadi lebih padat.

Salah satu peneliti, Sophie A Jamal, MD, PhD mengatakan bahwa efek ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dengan meningkatkan kepadatan masa tulang atau Bone Mass Density (BMD), maka risiko tulang retak atau patah bisa berkurang.

"Pemberian salep nitrogliserin setiap hari bisa meningkatkan penyerapan mineral oleh tulang dan mencegah resorpsi atau pengeroposan tulang," ungkap Jamal dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal JAMA edisi terbaru, seperti dikutip dari ScienceDaily, Rabu (23/2/2011).

Dalam penelitiannya, Jamal melibatkan 243 orang wanita yang sudah memasuki usia menopause. Kelompok ini dipilih karena memiliki risiko paling tinggi untuk mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis akibat perubahan hormonal setelah menopause.

Saat dibandingakan dengan kelompok kontrol yang hanya mendapat plasebo, kelompok yang diberi salep nitrogliserin setiap hari mengalami peningkatan BMD cukup signifikan hanya dalam waktu 2 tahun. Kepadatan tulang punggung naik 6,7 persen, tulang pinggul 6,2 persen sementara tulang leher naik 7 persen.

Menurut Jamal, peningkatan BMD terjadi karena senyawa nitrat dalam salep nitrogliserin mampu meningkatkan pelepasan alkalin phopat yang berhubungan dengan pembentukan sel-sel tulang. Nitrat juga mengurangi kadar N-telopeptida, senyawa yang dijadikan penanda berkurangnya massa tulang.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar