Kamis, 24 Februari 2011

Pembuatan Celana Blue Jeans Banyak Menyumbang Polusi

Your browser does not support iframes.



foto: ThinkstockJakarta, Di balik penampilannya yang modis, blue jeans banyak mencemari lingkungan dalam proses produksinya. Untuk mengurangi pencemaran limbah pabrik jeans, para aktivis peduli lingkungan mulai meningalkan blue jeans dan beralih ke green jeans.

Pencemaran limbah pabrik jeans pernah menghebohkan dunia lewat temuan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Greenpeace pada tahun 2010. Berdasarkan pencitraan satelit, LSM tersebut mengklaim pencemaran di China naik 2 kali lipat dari tahun 2007 karena saking banyaknya industri jeans di negara itu.

Pencemaran paling masif terjadi di Sungai Dong dan Xiaoxi yang terletak di sebelah barat Xintang, salah satu sentra industri jeans terbesar di China. Selain air sungai menjadi biru, limbah pabrik jeans juga menyebabkan bau menyengat tercium di sekitar sungai.

Setelah diteliti, 17 dari 21 sampel air yang diambil dari sungai-sungai tersebut mengandung logam berat terutama cadmium 128 kali lipat dari batas aman yang ditetapkan pemerintah setempat. Selain itu, pH atau tingkat keasaman air sungai meningkat hingga 12 dari angka normalnya 7.

Polusi dari pembuatan jeans berasal dari bahan pewarna yang dipakai, bleaching yang bisa masuk ke dalam tanah serta bahan bakar mesin produksi. Sementara itu peningkatan pH dipicu oleh penggunaan detergen yang berlebihan dalam proses pencucian bahan baku maupun pakaian jadi.

Sumber pencemaran di industri jeans tidak hanya berasal dari proses produksinya, melainkan juga sejak penyiapan bahan baku. Dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (23/2/2011), kandungan nitrat dan posphat dalam pupuk yang digunakan pada tanaman kapas sebagai bahan baku untuk membuat jeans juga terserap ke dalam tanah, lalu mencemari air tanah.

Karena itu, kalangan aktivis peduli lingkungan saat ini banyak yang menawarkan konsep baru yang lebih ramah lingkungan yakni green jeans. Dengan bahan baku kapas organik, green jeans diharapkan mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia yang beracun.

Green jeans juga tidak butuh pewarnaan, karena kapas secara alami bisa menghasilkan warna meski bukan biru melainkan hijau kecoklatan. Memang kalah modis dibanding blue jeans, namun demi lingkungan yang sehat maka manusia harus mau sedikit berkorban.

(up/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar